Breaking News
Home / PPG LDII / 200 Remaja Putri LDII Belajar Mengenali Bumbu Dapur

200 Remaja Putri LDII Belajar Mengenali Bumbu Dapur

200 Remaja Putri LDII Belajar Mengenali Bumbu Dapur

Dunia mengakui Indonesia sebagai salah satu barometer kuliner. Beraneka ragam masakan enak dan lezat kerap tersaji di dapur masakan Indonesia. Tak heran mulai warung kecil sampai restoran bertaraf internasional yang menyediakan masakan khas Indonesia selalu jadi idaman pecinta kuliner. Indonesia memang terkenal dengan bumbu dapur yang beragam, rempah-rempah yang melimpah sebagai pendukung lezatnya masakan.

Melestarikan kuliner Indonesia merupakan tugas generasi muda.  Mulai dengan mengenali aneka bumbu dapur nusantara agar warisan budaya ini tak sampai hilang atau hanya bisa dinikmati di negeri orang lain.

Remaja-putri-ldii-kras

Untuk itu pengurus Penggerak Pembina Generus (PPG) LDII Kecamatan Kras, Kediri bekerjasama dengan tim keputrian remaja mengadakan kegiatan bertema keakraban dan pengenalan bumbu dapur nusantara.

“Untuk menjaga kelestarian bumbu dapur Nusantara remaja putri seharusnya bisa mengetahui apa saja serta manfaat apa yang terkandung dalam bumbu dapur,” kata Qomariah S.Pd., Ketua Tim Keputrian.

Acara berlangsung Minggu, (20/3) di Aula Pondok Nuuril Muttaqiin, Desa Banjaranyar Kecamatan Kras, Kediri.

“Di harapkan dengan adanya acara keakraban dan pengenalan bumbu dapur, remaja putri LDII bisa rukun, kompak, kerjasama yang baik, dan tidak hanya sekedar mengerti tentang aneka bumbu dapur saja akan tetapi bisa memasak yang enak untuk suaminya kelak, dan untuk remaja putri selain bisa masak juga bisa macak/berhias,” kata Sukoyo Ketua PC LDII Keras.

Sekitar 200 peserta hadir dari berbagai tiga PC LDII yakni PC Kras, Ringin Rejo dan Kandat. Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.30 hingga pukul 12.00.

Dalam sesi pertama peserta mendapatkan materi pengenalan  satu persatu bumbu dan rempah serta manfaatnya. Tujuannya agar peserta menjadi lebih mengerti dan mengenal manfaat bumbu seperti bawang, cabe, garam, kunyit, jahe dan jinten.

Kegiatan-remaja-putri-ldii-kediri

Manfaat jintan misalnya, bisa memberikan aroma segar, wangi dan sedikit manis jika untuk masak. Jintan yang dalam bahasa arab Habbatussaudah itu ada dua jenis yaitu jintan putih dah hitam. Jintan putih biasa digunakan untuk bumbu masakan rasa pedas dan aroma yang kuat. Selain itu, jintan bisa juga digunakan sebagai pelengkap ramuan tradisional untuk mengobati penyakit jantung, haid tidak lancar dan insomnia.

Pada sesi berikutnya ada acara permainan pengenalan bumbu melalui indra penciuman, perasa,  meraba. Beberapa kali peserta terlihat tertawa ketika salah satu dari peserta game mencium aroma terasi.

Panitia juga menyediakan doorprice untuk para peserta yang menang dalam permainan mengenal bumbu dapur.

Acara ini menunjukkan bahwa menjadi tanggung jawab bersama menjaga, meramut dan melestarikan bumbu dapur khas Indonesia warisan nenek moyang.

“Supaya bisa jadi remaja Putri yang memiliki kepribadian solekah dapat membantu orang tua dan nantinya bisa menjadi ibu yang bisa meyiapkan menu makanan untuk keluarga, sehingga tumbuh generasi yang kuat, sehat dengan bumbu yang alami, bukan dengan makanan instan,” pesan Agus Sukisno Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri.

Check Also

Berwawasan Kebangsaan dalam Ngaji Akhir Tahun

LDIIKediri.com –  Pengajian Akhir Tahun yang diadakan oleh PAC Desa Blawe berbeda pada umumnya. Pengajian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *