Home / Wisata / Air Terjun Dolo Besuki Kediri

Air Terjun Dolo Besuki Kediri

Air Terjun Dolo Besuki Kediri

LDIIKediri.com, (15/05). Selain Air Terjun Irenggono di Besuki juga terdapat Air Terjun Dolo yang memiliki fenonema alam unik dan mengagumkan, wisata lokal ini menjadi salah satu destinasi wisata Kediri, Tulung Agung dan Nganjuk. Tempat wisata air terjun berada di Besuki Desa Jugo Kecamatan Mojo – Kediri – Jatim. Letak Air Terjun ini sangat strategis disebelah timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), dengan ketinggian mencapai 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (1800 mdpl). Air Terjun Dholo tempatnnya berdekatan dengan Air Terjun Irenggolo hanya cukup menempuh perjalanan sejauh 4 meter, kedua air terjun ini dibatasi oleh pepohonan dan hutan.

Air Terjun Dholo Besuki Kediri
Air Terjun Dholo Besuki Kediri

Air terjun ini memiliki debit air yang tidak terlaku deras, tetapi airnya mengandung suhu yang sangat dingin, jadi jika anda bermain air disini dimungkinkan akan gemetaran karena dinginnya Air Terjun Dolo Kediri. Air yang mengalir dari atas yang seakan-akan ditumpahkan ini sangat unik karena aliran air yang jatuh terbagi menjadi tiga bagian, dengan ketinggian 90 meter dan beningnya air pegunungan seakan dapat menghapus bisingnya suasana kota dan membuat fikiran jadi fresh kembali. Kawasan air terjun dan akses jalan menuju air terjun ini seringkali tertutup oleh kabut, dan suhu udaranya dingin ini dikarenakan Air Terjun Dholo terletak didaerah pegunungan.

Air Terjun Dholo berjarak kurang lebih 25 kilometer (25 km) dari pusat Kota Kediri, dan jika ditempuh dari Pare, Kabupaten Kediri perjalanannya kurang lebih selama 2 jam. Untuk menuju ke Wisata Air Terjun Dholo, jika dari pusat Kota Kediri ke arah barat lalu melalui Pohsarang, Kecamatan Semen. Akses jalan menuju Air Terjun Dholo berlika-liku, ada tanjakan dan turunan yang bisa menanantang adrenalin anda karena terletak dikawasan pegunungan.

Tidak perlu takut menuju air terjun kediri ini, karena pemerintah Kabupaten Kediri sudah membangun saran jalan yang lebih halus dan lebih lebar dari sebelumnya sehingga lebih memudahkan para wisatawan yang datang dari arah Kota Kediri maupun dari arah Ponorogo. Untuk menuju lokasi Air Terjun Dolo anda harus berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer dengan melewati 900 anak tangga, perjalanan ini tentu cukup melelahkan namun akan terbayar dengan indahnya Air Terjun Dolo.

Penulis : Era Puspita Sari

Incoming search terms:

  • sejarah air terjun dolo kediri jawa timur
  • jumlah anak tangga air terjun dolo
  • sejarah air terjun dholo
  • asal usul air terjun dolo kediri
  • sejarah 3 air terjun di kediri jawa timur

Check Also

Kampung-anggrek-kediri

Pesona Kampung Anggrek Kediri

Pesona Kampung Anggrek Kediri LDIIKediri.com, (15/05). Wisata Kampung Anggrek merupakan tempat yang menarik dan wajib …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *