Breaking News
Home / Kesehatan / Apa Manfaat Kulit Udang
Manfaat Kulit Udang
Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang

LDII Kediri, (25/05). Udang sebagai keluarga seafood sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Jadi tidak heran jika banyak orang yang suka sekali dengan udang. Banyak sekali jenis makanan yang berbahan utama udang seperti tumis udang, bakwan udang, dan jenis lainnya, namun sebagian dari mereka belum tahu tentang manfaat kulit udang.

Manfaat Kulit Udang
Manfaat Kulit Udang

Selain itu cara untuk memasak udangpun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Namun ketika memakannya, banyak orang yang sengaja membuang kulitnya. Padahal manfaat kulit udang justru dapat menurunkan kolesterol.

Menurut (Marganof, 2003) Manfaat Kulit udang mengandung protein (25% – 40%), kitin (15% – 20%), dan kalsium karbonat (45% – 50%). Kitin mempunyai turunan senyawa yaitu kitosan. Kitosan merupakan senyawa dengan rumus kimia poli(2-amino-2-dioksi-β-D-Glukosa). Senyawa tersebut yang akan membawa muatan positif, dan dapat menyatu dengan zat asam empedu yang bermuatan negatif sehingga mampu menghambat penyerapan kolesterol.

Sumber utama dari senyawa ini adalah tulang rawan hewan, yang notabene bahan alami dan tentu saja aman. Salah satu contohnya adalah kulit udang. Jadi, jangan buang kulit udang saat anda mengkonsumsinya. Selain lebih praktis karena tidak perlu mengupas, ternyata kulit udang dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol anda. Jika anda tidak suka udang, maka cobalah mengkonsumsi suplemen atau susu yang mengandung kitosan.

Manfaat lain dari kulit udang adalah sebagai berikut kalium dan fosfor yang terdapat pada kulit udang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, kandungan glucosamine dalam kulit udang dapat membantu pembentukan tulang rawan dan masalah persendian, kandungan sulforaphanedan selenium dalam kulit udang dapat membantu mencegah dan menghambat produksi sel kanker, selenium juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi, zat khitin dalam kulit udang dapat membantu menghambat pertumbuhan beragam jenis mikroba pathogen yang menjadi penyebab penyakit thypus.

Adapun manfaat dari udang adalah sebagai berikut vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah dan mengurangi penyakit anemia, kandungan asam lemak omega-3 untuk melawan depresi, kandungan zink atau seng membantu memenuhi kebutuhan zink dalam tubuh, dimana zink sangat bagus untuk kesehatan prostat.

Penulis : Emada Nindyta Fatimasari

Incoming search terms:

  • kulit udang

Check Also

Cara Mengurangi Bau Badan Tak Sedap

Cara Mengurangi Bau Badan Tak Sedap LDIIKediri.com, (04/11). Bagaimana cara mengurangi bau badan? Perhatikan beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *