Breaking News
Home / Tahukah Anda / Apa Yang Terjadi Jika Tak Sengaja Menelan Permen Karet?
Menelan-permen-karet
Menelan permen karet

Apa Yang Terjadi Jika Tak Sengaja Menelan Permen Karet?

Apa Yang Terjadi Jika Tak Sengaja Menelan Permen Karet?

LDIIKediri.com, (18/06). Mungkin kita pernah bertanya-tanya dalam hati, apakah yang terjadi jika anak kita ataupun kita sendiri menelan permen karet tanpa sengaja? Bahkan banyak dari kita pernah mengalami hal tersebut. Mungkinkah permen karet yang bersifat lengket itu masih tetap ada di lambung dan usus kita bertahun-tahun menempel dan tetap tidak bisa keluar?

Menelan-permen-karet
Menelan permen karet

Allah Subhana wa Ta’ala telah menciptakan sistem pencernaan kita dengan sangat canggih, tangguh, kuat dan bersifat asam, bahkan didesain efisien dalam hal mengeluarkan objek yang tidak bisa terurai. Makanan tersusun dari berbagai molekul seperti protein, karbohidrat dan lemak. Enzim-enzim di lambung, seperti pepsin akan mengurai protein menjadi nutrisi yang bisa dipakai tubuh, lalu enzim amilase akan mengurai karbohidrat dan enzim lipase akan mengurai lemak, yang semua itu akan dimanfatkan oleh tubuh kita untuk menghasilkan energi.

Kemudian garam dan asam hidrokolik yang ada dilambung akan membentuk asam lambung yang berfungsi melarutkan dan mengubah makanan tersebut menjadi bubur, dengan demikian akan mudah masuk ke dalam usus kecil yang terjadi proses penyerapan. Dan sisa makanan yang telah melalui proses penyerapan akan dikeluarkan dari tubuh berupa feces.

Kembali ke persoalan yang awal bagaimanakah dengan permen karet? Ternyata permen karet itu sama saja seperti makanan biasa. Permen ini terbuat dari karet sintetis, agen pelembut, perasa, serta pemanis.

Jika kita menelan permen karet enzim-enzim akan memecah alkohol, minyak dan karbohidrat dalam permen karet.Setelah kita tanpa sengaja menelannya, karbohidrat, minyak, dan alkohol dalam permen karet. Akan tetapi untuk polimer karet tidak ada enzim yang memecahnya dalam lambung kita dan polimer karet juga tahan terhadap asam lambung, oleh karena itu permen karet tidak dicerna, dan sesuatu yang tidak dapat dicerna oleh lambung itu tidak akan tinggal di dalam lambung atau usus, maka dari itu polimer karet akan langsung berpindah ke usus besar dan dikeluarkan.

Hampir setiap hari tubuh kita mengeluarkan berbagai makanan yang tidak dapat dicerna, misalnya saja pecahan biji-bijian, bahkan serat yang bertahan cukup lama di usus dan bermanfaat, sampai akhirnya dikeluarkan.

Incoming search terms:

  • permen karet nyangkut di tenggorokan
  • cara mengeluarkan permen karet dari tenggorokan
  • cara mengatasi permen karet yang nyangkut di tenggorokan
  • cara mengatasi permen karet
  • cara mengatasi permen karet nyangkut ke tenggorokan
  • Cara mengeluarkan permen karet ditenggorokan
  • cara mengeluarkan permen karet nyangkut di tenggorokan
  • cara menghilangkan permen karet yang nyangkut di tenggorokan
  • permen nyangkut di tenggorokan

Check Also

Keutamaan-membaca-alquran-setiap-hari

Keutamaan membaca alquran setiap hari

Keutamaan membaca alquran setiap hari Salah satu keutamaan membaca alquran setiap hari adalah mendapatkan 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *