Ayoo !!! Membaca Alquran dari sekarang

Ayoo !!! Membaca Alquran dari sekarang

Kesibukan terasa tidak ada habisnya sejak bangun tidur hingga tidur lagi, sehingga banyak yang lupa akan amalan yang ringan namun memiliki nilai dan derajat yang tinggi di sisi allah yaitu membaca kita al-quran. Coba kita Tanya diri kita sendiri dalam sehari berapa kali sibuk dengan urusan pekerjaan, bahkan dengan urusan yang sia-sia tidak ada manfaatnya seperti bermain dengan gadget yang tidak dapat memberikan manfaat sama sekali, dan berapa lama kita membaca al-quran. Sebagian banyak masih tertipu dengan kesibukan masing-masing, ingat bahwa membaca alquran adalah amalan lisan yang paling mudah dan utama, allah berfirman :

“Ini adalah sebuah Kitab yang Kami (Allah) turunkan kepadamu Muhammad penuh dengan berkah agar mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang mempunyai pikiran dapat mengambil peringatan .” (Shaad ayat 29).

LDII-membaca-al-quran

Rasulullah SAW bersabda :

“Aku tinggalkan kepada kamu sekalian dua perkara, jika kalian berpegang teguh kepada keduanya niscaya kalian tidak akan sesat selama-lamanya, yaitu Alquran dan sunnah Rasul.” (HR Tirmidzi)

“Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang “rajin” membacanya.” (HR Muslim)

Anjuran yang di sampaikan oleh ulama LDII tentu sangat baik sekali dalam sehari usahakan membaca alquran paling tidak tiga ayat. Anjuran ini berdasarkan pada surat terpendek dalam Alquran yang berisi 3 ayat seperti Surat Alkautsar. Selain itu satu huruf Alquran mengandung satu kebaikan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran), maka baginya satu pahala kebaikan dan satu pahala kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali, aku tidak mengatakan ALIF LAM MIM itu satu huruf, akan tetapi ALIF satu huruf, LAM satu huruf & MIM satu huruf. (HR Tirmidzi)

Rasulullah SAW bersabda :

Pada hari kiamat, Alquran akan datang kemudian berkata; “Ya Allah berilah dia pakaian”, maka dipakaikanlah kepadanya mahkota kemuliaan. Kemudian Alquran berkata lagi; “Ya Allah, tambahkanlah kepadanya”, maka dipakaikan kepadanya pakaian kemuliaan. Kemudian berkata lagi; “Ya Allah, ridhoilah dia”, akhirnya dia pun diridhoi. Kemudian dikatakan kepada ahli Alquran ; “Bacalah dan naiklah, niscaya akan ditambahkan kepadamu satu pahala kebaikan pada setiap ayat”. (HR Tirmidzi)

Kalau kita sudah menyadari akan pentingnya membaca alquran serta keberkahan yang ada saat baca alquran coba kita membuat daftar untuk sebulan, dalam sehari telah membaca berapa ayat, paling tidak itu untuk memberikan semangat kita untuk membaca alquran. Coba Tanya “Hari ini sudah membaca Alqurankah diriku ?” “Hari ini sudah berapa ayat aku baca Alquran ?” “Sudah baik dan benarkah diriku dalam membaca Alquran ?”

Bagi yang belum begitu mampu dan lancer membaca ayat suci alquran tidak perlu minder dan berkecil hati, allah tetap memberikan fahala atas kesungguhan belajar dan membaca alquran.rasulullah sabda Rasulullah :

“Yang membaca Alquran dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Alquran namun dia tidak lancar dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala. (HR Bukhori)

Perlu di ingat bahwa, dengan tekun dan selalu minta di koreksi bacaannya nanti lama-lama akan mahir dan lancer dalam membaca, baik itu makhroj, tajwid, panjang pendek dan kelancarannya. Nabi Muhammad SAW memberikan kabar gembira bagi orang yang membaca alquran :

“Gambaran orang iman yang membaca Alquran adalah bagaikan buah utrujah, aromanya wangi dan rasanya enak. Dan gambaran orang iman yang tidak membaca Alquran adalah bagaikan buah kurma, tidak ada aromanya tetapi rasanya manis. Sedangkan gambaran orang munafiq yang membaca Alquran adalah bagaikan roihanah, aromanya wangi namun rasanya pahit. Dan gambaran orang munafiq yang tidak membaca Alquran adalah bagaikan buah hanzholah, ia tidak memiliki aroma dan juga rasanya pahit”. (HR Bukhori)

Membaca alquran adalah interaksi kita kepada allah, luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan allah dengan cara membaca alquran, walaupun se repot apapun , se sibuk apapun, pasti allah akan memberikan jalan keluar ketika repot, susah dan sibuk.

Check Also

Lima Sukses Dalam Bulan Romadhon (Bag.1)

Hal – Hal yang berkaitan dengan puasa romadhon : Puasa Romadhon adalah perintah langsung dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *