Home / Iptek / Belajar Microsoft Excel 2013

Belajar Microsoft Excel 2013

Belajar Microsoft Excel 2013

Excel 2013

 

Part 1

belajar Microsoft Excel 2013 part by part.

Kita dapat memulai atau menjalankan aplikasi Exel 2013 dengan menggunakan ikon desktop. Untuk itu, ikutilah langkah berikut.

  1. Nyalakan komputer dengan menekan tombol Power + Monitor, tunggu sampai komputer menampilkan area kerja (desktop) windows 10.
  2. Pilih dan klik ikon Microsoft Excel. Lihat Gambar 1.1. Kemudian ,tunggu sampai jendela program aplikasi Exel 2013 ditampilkan. Lihat Gambar 1.2, Gambar 1.3.
Gambar 1.1
Gambar 1.1

 

Gambar 1.2
Gambar 1.2

 

Gambar 1.3
Gambar 1.3

 

# Pengertian Menu, Toolbar, dan Ikon

  1. Menu, adalah daftar perintah yang di gunakan untuk menjalankan suatu perintah. Baris menu (menu bar) berisi barisan perintah, seperti menu File, Home, Insert, Design, Page Layout, Preference, Mailings, Review, View.
  2. Toolbar, adalah kumpulan tombol atau simbol perintahyang di gunakan untuk menjalankan suatu dengan cepat dan mudah, terutama perintah-perintah yang sering di gunakan.
  3. Ikon (icon) atau simbol, adalah tombol perintah yang digunakan untuk menjalakan suatu perintah dengan cepat dan mudah terutama perintah yang sering digunakan.

 

# Elemen Excel 2013

       Gambar beberapa elemen pada Excel 2013.

Gambar 1.4
Gambar 1.4

 

Berikut penjelasan elemen-elemen yang perlu kita ketahui dari Excel 2013

  1. Ikon Menu Kontrol (Control Icon Menu) digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
  2. Baris Menu (Menu Bar) berisi barisan perintah, seperti menu File, Home, Insert, Design, Page Layout, Preference, Mailings, Review, View.
  3. Baris Penggulung (Scroll Bar) untuk menggeser layar. Baris penggulung mendatar (horizontal scroll bar) digunakan untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan, sedangkan baris penggulung tegak (vertical scroll bar) digunakan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  4. Baris Rumus (Formula Bar) menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif (disorot) di lembar kerja.
  5. Kotak Indikator untuk menampilkan file yang aktif.
  6. Lembar kerja Excel 2013 perkiraan terdiri atas 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom pada Excel 2013 di wakili oleh huruf A, B, C, …., sampai lV, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3, …., sampai 65536.
  7. Sel (sell) adalah perpotongan antara baris dan kolom. Sel di beri nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Contoh, se A9 adalah perpotongan antara kolom A dan baris 9.

 

bersambung..

Check Also

GEEVV

GEEVV Mari beralih ke mesin pencarian Karya Anak Indonesia Siapa sih yang tidak tahu GOOGLE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *