Home / Berita LDII / Belajar Produksi Video Berita Dengan Mudah

Belajar Produksi Video Berita Dengan Mudah

Belajar Produksi Video Berita Dengan Mudah

Surabaya, (19/17). Workshop Jurnalistik oleh Biro Komunikasi,Informasi,dan Media (KIM) DPW LDII Jatim di Aula DPW LDII Jatim, Gayungan, Surabaya, berahir pada sabtu 19 Mar 2017 ini semakin membuat peserta antusias. Pasalnya pada materi terakhir diisi oleh camera person TRANS7,Adi Wijaya, belajar produksi video mulai dari cara pengambilan gambar dan editing video berita. Para delegasi KIM DPD Kota dan Kabupaten se-Jatim ini dibekali oleh Jay, sapaan Adi Wijaya di lapangan, tentang dasar pengambilan gambar, jenis jenis pengambilan gambar, dan komposisi pengambilan gambar. Tidak hanya itu, Adi Wijaya juga memaparkan tentang teknis peliputan berita serta proses pra produksi ,menyiapkan peralatan, dan pasca produksi, editing.

Belajar Produksi Video
Belajar Produksi Video

“Pengambilan gambar tidak boleh sembarangan,harus sesuai kaidah,dan bercerita layaknya berita,” kata Adi Wijaya. Karena dalam pertelevisian, gambar yang ditayangkan harus bercerita dan continuity tentang suatu peristiwa agar langsung dapat diketahui pemirsa tanpa harus mendengarkan berita lisannya.

Dalam materi ini, tidak hanya teori yang diberikan namun juga praktik produksi video secara langsung. Sebelumnya, Adi memberikan contoh-contoh liputan hard news dan soft news untuk acuan nantinya yang akan dilakukan para peserta untuk langsung praktik di lapangan. Setelah kelompok ditentukan, Adi mendiklat terlebih dahulu para camera person dari setiap kelompok. Dengan memberikan kesempatan kepada camera person untuk belajar mengambil gambar dari kamera yang disiapkan panitia. Perihal mengambil gambar, tak lupa camera person TRANS7 ini juga menceritakan pengalamannya bagaimana ketika bertugas di lapangan.

“Apapun harus disiapkan sebelum bertugas, termasuk mengambil gambar, karena ketika bertugas hanya akan mengambil gambar sesuai list yang telah disiapkan,” ujar Adi Wijaya. Menurutnya, camera person harus menyiapkan terlebih dahulu apa saja objek yang akan diambil berikut juga sudut pandang pengambilannya.

Setiap kelompok pun diberi waktu setengah jam untuk mengerjakan tugas oleh Adi Wijaya, yaitu memproduksi video berita. Setelah selesai,  Adi Wijaya juga mengoreksi sekaligus membantu dalam penyuntingan gambar video sehingga menjadi kesatuan video berita yang jelas,padat,dan tentunya menginformasikan kepada masyakarat.

Check Also

LDII Kediri Adakan Kerjasama Dengan Kemenag

Kerjasama LDII Kediri Bersama Kemenag Kabupaten Kediri, (02/18). DPD LDII Kabupaten Kediri bekerjasama dengan KEMENAG …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *