Breaking News
Home / Sosial / Cara Memulai Bisnis Yang Baik

Cara Memulai Bisnis Yang Baik

Cara Memulai Bisnis Yang Baik

Bisnis adalah suatu kegiatan jual beli baik berupa barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan mendapat laba/keuntungan. Menurut sejarah, kata bisnis berasal dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang artinya sibuk. Sibuk dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Cara memulai bisnis yang baik bukanlah sebuah perkara yang mudah, jadi pastikan anda telah merancang bisnis anda sampai matang. Jika anda ingin menjadi businessman yang hebat, jangan terpaku pada modal yang nilainya ratusan juta ataupun milyaran, namun juga jangan melupakan modal ketika anda ingin memulai bisnis.

tips-sukses-bisnis

Perlu diingat bahwa jika anda melakukannya tanpa punya pengetahuan maka resiko kegagalan anda semakin besar. Disamping itu anda juga harus bisa memprediksi apakah bisnis yang ankan anda kembangkan kedepannya akan berklembang lebih baik, anda juga harus dapat melihat kesulitan bisnis anda, dan juga tembat anda membangun bisnis tersebut.

Berikut akan kami berikan tips memulai bisnis dengan baik

  1. Kembangkan bisnis anda sesuai hobi
    tentu keuntungan yang didapat akan semakin besar jika anda mengembangkan bisnis sesuai hobi. Salah satunya anda akan merasa lebih senang dalam membangun dan mengembangkan bisnis anda. Contoh, jika anda hobi menulis baik menulis di atas kertas maupun diblog. Maka anda dapat membuka usaha jasa penulis artikel. Yang mudah dan tentunya tidak butuh modal besar.
  2. Siapkan modal
    modal adalah kunci utama untuk memulai bisnis. Walaupun modal kita hanya pas-pasan, sesuai dengan yang kami katakana diatas. Bicara tentang modal tentu bicara tentang bisnis itu sendiri. Jadi intinya, jika kita sudah tau seperti apa bisnis yang akan anda bangun, dengan sendirinya anda bisa memprediksi berapa modal yang akan anda butuhkan.
  3. Pilih lokasi nyang cocok
    dalam berbisnis tentu kita membutuhkan tempat yang strategis, makanya orang menganggap memilih lokasi itu susah susah gampang.namun jika anda sudah mendapatkan lokasi yang strategis, banyak dijangkau oleh banyak orang, anda juga harus menyesuaikan bisnis yang dapat anda jalankan di tempat tersebut. Contoh, jika anda ingi membuka usaha dalam bidang jasa atau perdagangan, maka tempat yang sesuai adalah di pinggir jalan yang banyak keramaian.
  4. Menentukan harga jual
    dengan menentukan harga jual, maka kedepan kita akan dapat menghitung berapa keuntungan dan kerugian yang akan kita peroleh nantinya. Dalam menentukan harga jual jangan sampai terlalu mahal maupun terlalu murah. Slah satu cara yang paling gampang mentukan harga jual adalah dengan caramensurvei dahulu berapa harga yang telah diberikan oleh pesaing.cara lainnya dan juga penting adalah denga merinci berapa modal yang akan anda keluarkan untuk setiap produk yang anda jual.
  5. Promosikan bisnis anda
    apapun bisnis anda, pastikan anda mempromosikannya agar bisnis anda dapat berkembang. Ada banyak cara untuk berpromosi, contohnya yakni dengan membuat brosur, memasang iklan banner di pinggir jalan, ataupun mempromosikan secara online. Namun sebelum promosi pastikan produk atau jasa anda memang benar-benar pantas untuk calon konsumen anda.
  6. Buatlah system bisnis yang baik
    jika bisnis yang anda jalankan tergolong dalam skala besar, tentu anda tidak akan bisa menjalankannya sendirian. Anda harus bekerjasama dengan orang-orang yang mempunyai kompetensi atau keahlian dalam bisnis anda. Contohnya yakni seperti juru memasak, kasir, pembukuan, dan lain sebagainya.
  7. Pembukuan keuangan
    pastikan anda selalu membukukan hasil penjualan setiap hari. Agar anda bisa tahu keuntunan dan kerugian yang anda dapatkan dan dapat dirinci dengan baik. Selain itu dengan adanya pembukuan kita bisa memisahkan antara uang pribadi kita dengan uang hasil kerja kita.

Check Also

Mengendalikan Masa Remaja Tanpa Mengekang

Mengendalikan Masa Remaja Tanpa Mengekang LDII memberikan perhatian serius terhadap dunia remaja dengan mengadakan seminar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *