Breaking News
Home / Iptek / Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas
Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas
Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas

Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas

Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas

LDIIKediri.com, (05/05). Bagi masyarakat awam,foto hanyalah sebuah gambar dari suatu objek tertentu. Namun bagi Fotografer,Penikmat Foto,Seniman atau orang-orang yang memahami tentang Ilmu dan Seni Fotografi lainnya, Foto yang baik dan berkualitas adalah foto yang tidak asal jepret,karena banyak hal yang harua diperhatikan dalam mengambil sebuah foto pada suatu momen tertentu seperti yang tidak asing didengar yaitu pencahayaan,ISO,angle,dan lain lain.

Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas
Cara Menghasilkan Foto yang Baik dan Berkualitas

Sudah barang tentu, Foto yang baik adalah foto yang didalamnya terdapat pencahayaan yang pas,tidak terlalu gelap dan terang, untuk mendukun Pencahayaan, ada yang namanya ISO jika kalian menggunakan kamera SLR/DSLR, ISO berfungsi sebagai pedoman dalam gelap terang gambar. Semakin kecil ISO semakin baik kualitas gambarnya, namun jika cahaya normal terlalu gelap, mau tidak mau ISO harus di tinggikan agar Objek terlihat, meski akan ada sedikit menurunnya kualitas gambar.

Kemudian ada juga yang namanya Angle, Angle adalah posisi dimana kita memposisikan Objek pada Frame,hal ini tidak kalah penting menentukan baik tidak nya foto. Angle yang baik akan menghadirkan penilaian yang baik pula bagi penikmat foto, karena Angle menjadi pendukung jelas tidaknya Objek pada gambar.

Lebih dari itu, Foto yang  baik adalah foto yang jelas dilihat, berarti disitu Objek terlihat utuh, tidak ada sedikitpun bagian Objek yang terpotong, kuncinya adalah tergantung pada Angle. Ditambah pencahayaan yang pas untuk mempertajam Objek. Setelah jelas dilihat, akan lebih baik lagi jika ada pesan yang disampaikan dalam sebuah Foto. Untuk memberikan Informasi latar belakang foto ataupun pesan yang disampaikan, Fotografer harus menggali data Informasi terlebih dahulu.

Semisal Tempat Wisata, untuk menggali data atau sejarah tempat tersebut, bisa meminta keterangan atau wawancara dengan Pengelola Tempat Wisata, lebih baik lagi bisa meminta langsung keterangan dari Narasumber Instansi Pemerintah yang bertanggung jawab atas Tempat Wisata Tersebut. Kemudian ambil gambar salah satu Subjek yang mewakili Objek dengan memberi keterangan pada caption foto.

Semua itu tidak Instan begitu saja, perlu latihan dan pengalaman agar bisa menjadi Fotografer yang profesional dengan tiap pengambilan gambar menghasilkan foto yang bagus,berseni,dan berkualitas tinggi. Tidak cukup dengan memotret sesuai kepuasan diri,namun lebih berpikirlah pada kepuasan penikmat potretan anda.

Penulis : Barik Lana Fadli

Check Also

Mengatasi Malware Pada PC

Cara Mengatasi Malware Pada Komputer dan Laptop

Cara Mengatasi Malware Pada Komputer dan Laptop Malware / Perangkat Lunak Perusak adalah sebuah software …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *