Breaking News
Home / Kesehatan / Dampak Merokok Sejak Dini
fenomena munculnya banyak perokok baru

Dampak Merokok Sejak Dini

Dampak Merokok Sejak Dini

fenomena munculnya banyak perokok baru

Salah satu penyebab mengapa perokok baru terus saja bertambah adalah karena gencarnya iklan rokok yang banyak beredar di masyarakat. Ditambah dengan adanya image yang dibentuk oleh iklan rokok tersebut sehingga terlihat seakan orang yang merokok adalah orang yang sukses dan tangguh yang dapat melalui rintangan apapun.

Iklan promosi ataupun sponsor kegiatan yang dilakukan oleh para produsen rokok merupakan sarana yang sangat ampuh untuk mempengaruhi remaja dan anak-anak. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hamka beserta Komnas Anak pada tahun 2007 memperlihatkan bahwa sebanyak 99,7% anak melihat iklan rokok di televisi, dimana 68% nya mengatakan memiliki kesan positif terhadap iklan rokok tersebut sedangkan 50% lainnya mengatakan menjadi lebih percaya diri seperti di iklan.

Untuk remaja, pengaruh pergaulan teman sebaya juga turut menjadi andil untuk pertumbuhan perokok baru. Terkadang remaja menjadi perokok pemula karena adanya desakan dari teman-teman mereka untuk dapat diterima dalam pergaulan ataupun supaya dapat dipandang lebih keren oleh lawan jenisnya. Para remaja tersebut tentu belum mengerti benar mengenai bahaya yang dapat disebabkan oleh rokok maupun penyakit yang dapat timbul karena rokok. Hal ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi para orang tua agar dapat memberi pemahaman terhadap anak-anaknya.

Bahaya Rokok pada Remaja

Pada remaja, masalah kesehatan jangka pendek termasuk diantaranya penyakit yang dapat timbul akibat rokok adalah gangguan pernafasan,kecanduan nikotin,serta meningkatnya resiko untuk menggunakan bahan berbahaya lain termasuk obat perangsang. Sedangkan masalah jangka panjangnya adalah kenyataan bahwa orang telah menjadi perokok aktif maka biasanya akan terus menjadi perokok aktif sepanjang hidupnya karena akan sulit sekali untuk berhenti dari kebiasaan merokok apabila dimulai sejak usia remaja.

Berikut beberapa masalah lain yang dapat timbul akibat bahaya rokok :
1) Perokok mempunyai fungsi paru-paru yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok.
2) Merokok mengurangi pertumbuhan paru-paru.
3) Pada orang dewasa, penyakit yang disebabkan oleh rokok adalah penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut juga mulai terlihat pada remaja yang merokok.
4) Merokok dapat menurunkan performa dan daya tahan tubuh para remaja, bahkan pada remaja yang aktif berolahraga.
5) Secara rata-rata, orang yang merokok satu bungkus atau lebih tiap harinya berkurang hidupnya 7 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.
6) Merokok sejak usia dini akan meningkatkan resiko untuk terkena kanker paru-paru.

Remaja yang menggunakan rokok mempunyai kemungkinan 3x lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok untuk menggunakan alkohol, 8x lebih banyak untuk menghisap ganja serta 22x lebih banyak untuk menggunakan kokain. Merokok juga sering dihubungkan dengan perlakuan beresiko lain seperti melakukan seksual dini.

Check Also

Cara Mengurangi Bau Badan Tak Sedap

Cara Mengurangi Bau Badan Tak Sedap LDIIKediri.com, (04/11). Bagaimana cara mengurangi bau badan? Perhatikan beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *