Home / Fashion / Fashion Menurut Islam

Fashion Menurut Islam

Fashion Menurut Islam

Fashion merupakan model cara berpakaian yang mangikuti perembangan zaman dengan mempertimbangkan rasa keindahan pada diri setiap orang atau bisa kita sebut “beauty of sense” yang secara otomatis keindahan itu pasti dirasa oleh setiap orang yang bisa membuat orang itu menjadi percaya diri dengan penampilannya. Fashion apa yang sering anda kenakan ? Ada banyak pilihan fashion salah satunya fahion muslimah yang  Syar’i.

pakaian-syari-wanita

Sudahkah anda Syar’i ?

Syar’i yang di maksud disini merupakan syar’i menurut agama Islam, yaitu batasan berpakaian bagi laki-laki dan perempuan menurut Al Qur’an seperti (bagi perempuan) menutup aurat termasuk kepala, telinga dada, dan leher dan mengenakan pakaian yang sesuai dengan standar dan etika kesopanan Praktek pemakaian cadar dan penutup kepala merupakan kebiasaan sebelum Islam. Menggunakan pakaian syar’i adalah sebuat perintah dari Allah SWT yang harus dan wajib di laksanakan oleh seluruh umat beragama Islam. Berikut penjelasannya:

Bagi laki-laki

  1. Berpenampilan rapi, sopan dan dilarang memakai pakaian sampai kebawah mata kaki
  2. Tidak boleh memakai kain sutera
  3. Tidak memakai celana yang dilubangi atau sobek-sobek, ketat, dan ditempeli stiker
  4. Tidak boleh berpakaian menyerupai wanita.

Bagi perempuan

  1. Berpakaian rapi, sopan menurut syari’at islam
  2. Berkerudung hingga menutup leher dan dada
  3. Pakaian atas lengan panjang sampai menutup pergelangan tangan
  4. Pakaian bawah menutup mata kaki
  5. Pakaian tidak ketat, tipis atau transparan
  6. Tidak boleh berpakaian menyerupai laki-laki.

Di era globalisasi ini fashion syar’i sangat jarang sekali ditemui dalam masyarakat umum. Karna fashion saat ini lebih cenderung memperlihatkan aurotnya dari pada menutupnya. Oleh karena itu, LDII mengajarkan kepada warganya untuk selalu memakai fashion yang syar’i menurut pandangan Islam.

Memang sejak usia dini warga LDII sudah diajarkan untuk berpakaian yang syar’i agar mereka selalu terbiasa mengenakan pakaian yang benar menurut syari’at Islam dan menjadi generasi yang  dapat selalu memberi contoh baik dalam hal berpakaian. Agar masyarakat luas dapat terinspirasi dengan tata cara berpakaian yang benar.

Sebenarnya menggunakan pakaian syar’i mempunyai manfaat yang banyak sekali seperti dilihat dari segi agama, kesehatan, penampilan dan lain sebagainya. Wujud aslinya berpakaian syar’i dapat menghindarkan diri dari godaan lawan jenis dan memberikan motivasi memperdalam agama Islam.

Penulis : Luluk Marsita

Incoming search terms:

  • fashion menurut pandangan islam
  • cara berpakaian orang ldii
  • fashion anak menurut islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *