Home / Kesehatan / Gatal-Gatal Jamur Dan Pencegahannya

Gatal-Gatal Jamur Dan Pencegahannya

Gatal-Gatal Jamur Dan Pencegahannya

Gatal-gatal jamur memang bukan temasuk penyakit yang serius. Namun jika seseorang sudah terkena penyakit ini, akan merasa terganggu kesehariannya hingga berbulan – bulan. Yang akan dibahas bukan gatal-gatal jamur yang ada di sela-sela jari di kaki, namun yang lebih sering menyerang ke sekitar alat vital. Gatal-gatal yang luar biasa disebabkan karena keadaan lembab, jamur sedang berkembang biak dan dalam keadaan hidup. Pria adalah yang paling sering terkena penyakit ini, anak-anak atau dewasa. Karena pria lebih aktif dalam beraktifitas, berlebih pekerja yang membutuhkan tenaga,  menyebabkan mudah berkeringat sehingga terjadi kelembaban di area alat vital atau selangkangan, ketiak, dan tubuh lainnya. Jika seseorang tersebut kurang bisa menjaga kebersihan, maka rentan sekali terserang jamur ini.

Jamur-Pada-Kulit
Jamur Pada Kulit

Ketika jamur sudah berkembang biak, akan terasa gatal-gatal luar biasa,  dan muncul bintik-bintik yang mengakibatkan kulit terlihat belang. Ada jenis lain yang membentuk pulau di tengah permukaan kulit. Kasus lain, ada yang rasa gatal-gatalnya terasa pada malam hari. Keadaan seperti ini mudah menyebar jika tidak segera konsultasi ke dokter. Proses sembuhnya penyakit ini cukup lama, sehingga butuh pengobatan intensif berupa obat minum dan salep. Penyebabnya sepele, namun dampaknya dapat mengakibatkan malu didepan umum. Bayangkan, ketika sedang beraktifitas lalu terasa gatal, secara tidak sadar tangan akan menggaruk-garuk ditengah keramaian.

Gatal-gatal jamur ini sudah mudah menular. Seseorang yang terkena gatal-gatal jamur ini , melalui perantara seperti air, handuk, baju, dll, akan mudah tertular. Maka tidak heran, biasanya santri pondok atau perantau yang kos di tempat kumuh akan terkena, dan tidak jarang bisa massal. Ketika sudah massal, maka dianjurkan segera beramai-ramai ke dokter. Setelah mengatahui betapa gatal-gatal jamur mengganggu kehidupan seseorang yang tidak sebentar, maka kami beri tips agar tercegah dari gatal-gatal ini.

Pertama, gantilah pakaian dalam dan celana setiap hari. Ketika belum genap sehari namun sudah basah, bisa terkena hujan atau selesai renang, maka segeralah ganti. Karena apabila terus dipakai menyebabkan lembab.Kedua, selesai beraktifitas yang mengeluarkan keringat, setelah keringat sudah kering segera mandi. Ketiga, bersihkan kamar atau lingkungan kalian secara berkala.Keempat, setelah mandi, bersihkan seluruh tubuh dengan handuk terutama selangkangan, agar tidak lembab.

Penulis             : Baarik Lana Fadli

Check Also

Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang LDII Kediri, (25/05). Udang sebagai keluarga seafood sudah tidak diragukan lagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *