Breaking News
Home / Artikel Islam / Hewan Kurban dan Persyaratannya
Hewan-Kurban
Hewan Kurban

Hewan Kurban dan Persyaratannya

Hewan Kurban dan Persyaratannya

LDIIKediri.com, (28/08). Qurban menurut istilah adalah menyembelih hewan ternak / hewan kurban sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedangakan secara bahasa qurban artinya pendekat. Dalam istilah lain qurban disebut dengan istilah Nahr (sembelihan), Udlhiyyah (الْأُضْحِيَّةِ), Tadlhiyyah (التضحية), Adlhah (أضحاة) dan Dlahiyyah (ضَحِيَّةٌ).

Hewan Kurban
Hewan Kurban

Dalam sejarah qurban terdapat beberapa kejadian yaitu pada zaman Nabi Adam AS dan Nabi Ibrahim AS, ketika itu kedua putra Adam diperintahkan untuk berqurban, Qobil berkurban dengan hasil tanaman sedangkan Habil berkurban dengan seekor kambing, pada zaman itu barang siapa yang kurbannya terbakar api dari langit maka kurbannya di terima oleh Alloh SWT, waktu itu kurban Habil yang terbakar.

Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT melalui mimpi selama tiga malam berturut-turut, Nabi Ibrahim AS diperintahkan untuk menyembelih Nabi Ismail ketika Ismail telah menginjak usia baligh. Setelah Nabi Ibrahim yakin bahwa mimpi itu benar-benar perintah dari Alloh SWT, lantas Ibrahim menyampaikan mimpinya kepada Ismail, dengan penuh kesabaran Ismail menjawab “Kerjakanlah apa yang diperintahkan Alloh kepadamu, Insya Allah engkau mendapatiku orang-orang yang sabar,” singkat cerita ketika Ibrahim telah menidurkan Ismail untuk di sembelih, Allah mengganti Ismail dengan domba gemuk dari surga.

Dari sejarah tersebut Allah mensyariatkan kepada umat islam, pengikut Nabi Ibrahim agar melaksanakan ibadah kurban yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzul Hijjah hingga 13 Dzul Hijjah. Adapun syarat hewan yang di kurbankan adalah hewan yang sudah musinah, yaitu kambing yang sudah berumur minimal 1 tahun, sapi minimal berumur 2 tahun sedangkan onta minimal 5 tahun. Selain itu hewan kurban harus benar-benar sehat dan sempurna, tidak cacat, tidak sakit-sakitan, tanduknya tidak patah lebih dari separuh, telinganya tidak sobek atau lubang lebih dari separuh.

Sebelum menyembelih pisau harus di tajamkan dan hewan kurban di istirahatkan selain itu tidak boleh menunjukan bahwa hewan tersebut akan di sembelih seperti menajamkan pisau di depan hewan yang akan di sembelih, setelah di sembelih biarkan hingga beberapa menit sampai benar-bener hewan tersebut telah mati.

Sunah menyembelih hewan kurban yaitu menghadap kiblat sambil di injak lambungnya dengan kaki kanan serta membaca doa Bismillahi wallhohu akbar haadzaa ‘An ……….

Rasulullah telah bersabda bahwa amalan yang paling utama pada tanggal 10 dzul hijjah adalah qurban, selain itu orang yang berkurban akan mendapatkan 1 kebaikan dari tiap-tiap bulu halus dan bulu kasarnya hewan kurban dan qurban akan menjadi penghalang baginya dari neraka.

Kurban selain menjadi media kepedulian terhadap sesama (dalam Al-Quran Allah memerintahkan supaya memberi makan (men-shodaqohkan sebagian daging kurban) kepada orang yang orang yang menerima dan orang yang terjaga (tidak minta-minta) juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, para peternak banyak yang mendapatkan untung menjelang hari-hari lebaran idul adha.

Check Also

4 Usaha Thuma'ninah dalam sholat

4 Usaha Thuma’ninah dalam sholat

Thuma’ninah dan khusyu’ kebutuhan utama dalam melaksanakan sholat, terkadang ada sebagian umat islam yang mengabaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *