Home / Berita LDII / Ikhtibar Tahfidzul Quran LDII Kecamatan Kras

Ikhtibar Tahfidzul Quran LDII Kecamatan Kras

Ikhtibar Tahfidzul Quran LDII Kecamatan Kras

Di era globalisasi ini kita selalu disibukkan dengan gadget dan sebangsanya, entah untuk belajar, bekerja, ataupun sekedar mengisi waktu luang. Namun dengan adanya program Tahfidhzul Al-Qur’an menjadikan generus yang dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan menghafal Al-Qur’an. Dengan begitu mereka dapat lebih dekat dengan Al-Qur’an dan juga memperoleh pahala yang sangat besar.

Untuk mengukur kemampuan menghafal Al-Qur’an, Korwil Kediri Selatan 2 pada hari Jumat, 16 Februari 2018 mengadakan Ikhtibar Hafidz Al-Qur’an.Kegiatan ini diadakan selain untuk mengukur kemampuan menghafal, juga untuk menambah rasa cinta¬† Al-Qur’an dan sebagai bentuk pembinaan generus LDII Korwil Kediri Selatan 2. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nuuril Muttaqin Banjaranyar, Kras, Kediri.

Generasi-Quran-LDII
Generasi Quran LDII

Peserta yang ikut serta dalam acara tersebut berfariasi, mulai dari usia 5 tahun sampai 18 tahun. Peserta diambil dari generus LDII Korwil Kediri Selatan 2 yang telah hafal 1 juz dalam Al-Qur’an khususnya juz 1 ataupun juz 30. Peserta yang mengikuti Ikhtibar untuk juz 1 sebanyak 5 anak dan untuk juz 30 sebanyak 25 anak. Selain peserta yang hadir, ada juga para pembina yang ikutserta meramaikan acara tersebut.

Kegiatan Ikhtibar diawali dari datangnya peserta pukul 15:00 lalu melaksanakan sholat asar berjama’ah. Setelah usai sholat dilanjutkan dengan pendaftaran peserta, lalu disambung dengan pembukaan dan acara inti. Acara inti ini dilaksanakan dengan mengambil nomor urut peserta. Setelah mendapat nomor peserta yang ditunjuk maju dan pembina membacakan dua ayat pada Al-Qur’an lalu di lanjutkan oleh peserta dengan sejumlah juri menilai hasil hafalan para peserta. Setelah usai acara inti dilanjutkan nasehat untuk menambah semangat para penghafal Al-Qur’an. Hingga acara berakhir pukul 22:00 WIB.

Hafidzah LDII Kras
Hafidzah LDII Kras

Berikut perolehan juara peserta Ikhtibar :

Juz 30

  1. Habibulloh Dewa Putra Al-Qayis (PAC Keras)
  2. Zanuar Ikhsan (PAC Keras)
  3. Salsabila (PAC Keras)
  4. Intan (PAC Ringinrejo)
  5. Fendi Jati (PAC Kras)

Juz 1

  1. Riska Aprilia (PAC Ringinrejo)
  2. Delfi (PAC Keras)
  3. Idho Fitrilia A. (PAC Ringinrejo)
  4. Ayub Faqihhudin (PAC Ringinrejo)
  5. Laelani Salsabila (PAC Ringinrejo)
Tahfidz-LDII-Kras
Tahfidz LDII Kras

Mereka sangat semangat mengikuti kegiatan ini. Karena dengan adanya kegiatan ini para peserta mendapatkam pengalaman yang baru, seperti yang dikatakan salah satu peserta Hafidzah dari PAC Ringinrejo ini ” Untuk acara Ikhtibar ini sangat seru, karena dapat menambah pengalaman untuk saya dan teman-teman, serta Ikhtibar ini dapat menjadi sarana pelatihan mental dan juga untuk mengukur kemampuan diri” ucap Riska. Mereka terlihat sangat antusias dengan selalu memuroj’ah hafalah yang telah mereka kuasai disela2 acara, dengan tujuan untuk selalu menjaga dan menguatkan hafalan Al-Qur’an.

Ikhtibar-LDII-Kras
Ikhtibar LDII Kras

Dukungan semangat dan motivasi untuk para penghafal Al-Qur’an itu sangatlah dibutuhkan, oleh karena itu panitia pelaksana H. Dawud menggelar acara ini untuk menambah semangat mereka. Karena dengan menjadi penghafal Al-Qur’an banyak manfaatnya baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Denga menghafal Al-Qur’an, anak itu akan menjadi anak yang sholih-sholihah yang dapat mengangkat derajat kedua orang tuanya. Hal itulah yang dikatakan oleh Ustadz Sholeh Sungkowo dalam nasehat penutupan acara Ikhtibar tersebut “Anak yang sudah menjadi penghafal Al-Qur’an adalah anak yang sholih sholihah yang dapat mengangkat derajad kedua orang tuanya di dunia dan akhirat”.

Acara ini akan diagendakan setahun sekali untuk terus menjaga dan melestarikan para generus penghafal Al-Qur’an khususnya di Korwil Kediri Selatan 2. Kegiatan ini ditanggapi dengan baik oleh panitia, salah satunya Bapak Ikhsan selaku MC dari kegiatan tersebut “Alhamdulillah acara pada hari ini berjalan dengan aman, lancar, dan barokah. Agenda insyaAllah Ikhtibar akan diadakan 1 tahun sekali,” ujarnya.

Check Also

LDII Kediri Adakan Kerjasama Dengan Kemenag

Kerjasama LDII Kediri Bersama Kemenag Kabupaten Kediri, (02/18). DPD LDII Kabupaten Kediri bekerjasama dengan KEMENAG …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *