Home / Berita LDII / Jenis Sapi Untuk Qurban di Indonesia

Jenis Sapi Untuk Qurban di Indonesia

Jenis Sapi Untuk Qurban di Indonesia

LDIIKediri.com, (11/09). Dari laporan sementara qurban warga LDII Kediri sebanyak 157 ekor sapi, 233 ekor kambing, sebentar lagi memasuki tanggal 10 Dzulhijah dimana umat muslim akan melaksanakan ibadah kurban. Adapun penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah mengerjakan shalat idul adha. Di bawah ini beberapa referensi jenis sapi untuk qurban yang memiliki ciri khas sendiri dan tentunya bisa dijangkau di pasar Indonesia, adapun jenis-jenis nya :

Jenis Sapi Untuk Qurban
jenis-sapi-untuk-qurban

1) Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah bangsa dari sapi eropa ( Bos Taurus) ,yang dikembangkan pertama kali di Perancis.  Jenis ini banyak disenangi oleh masyarakat karena bentuknya yang besar. Tentunya harga sapi ini lebih dari sapi lokal Indonesia. Sapi Limousin ini merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan lebih baik dari Simmetal. Ciri Fisik Sapi ini memiliki bulu berwarna cokelat tua kecuali di sekitar ambing berwarna putih. Berat Sapi ini betina dewasa mencapai 575 Kg sedangkan pejantan dewasa bisa mencapai 1100 Kg. Di Indonesia, masih sulit ditemukan Sapi Limousin murni, kebanyakan adalah persilangan dengan sai lokal.

2) Sapi Brahman

Sapi Brahman adalah turunan baru sapi zebu yang berasal dari India. Pada mulanya sapi ini tidak terlalu besar,setelah hasil dari pengembangan yang lebih baik maka ditemukanlah kwalitas yang bagus,barulah sapi ini banyak diimpor termasuk Indonesia. Sapi Brahman memiliki ciri yaitu postur yang besar, mempunyai punuk yang besar, berkulit lebar, memiliki glambir yang besar dan lebar. Sapi jenis ini bisa memiliki bobot lebih dari 1 ton.

3) Sapi Madura

Adalah jenis sapi untuk qurban, jenis sapi potong lokal asli Indonesia persilangan antara Sapi Zebu dan Sapi Bali. Karakteristik Sapi Madura sangat seragam,yaitu bentuk tubuhnya yang kecil, kaki pendek dan kuat, bulu berwarna merah bata kekuning-kuningan kecuali perut bagian dalam dan paha yang berwarna putih. Berat sapi ini mencapai 300-500 Kg.

4) Sapi Bali

Sapi Bali merupakan keturunan dari sapi liar yang disebut banteng ( Bos sondaicus) yang telah mengalami proses domestikasi selama ratusan tahun. Sapi Bali dewasa dapat mencapai tinggi badan 130 cm dengan bobot badan jantan dewasa berkisar 350-400 kg, sedangkan betina dewasa berkisar 250-300 kg. Namun dengan pakan yang lebih baik sapi bali jantan pada umur 6-8 tahun dapat mencapai bobot badan 450 kg.

5) Sapi Angus

Sapi Aberdeen angus adalah jenis sapi untuk qurban yang berasal dari skotlandia, hasil persilangan bos taurus. Penyebaran sapi ini telah sampai ke berbagai belahan dunia seperti australia, amerika, indonesia maupun sebagian afrika. Pertumbuhan sapi ini cukup baik, cepat gemuk dengan pakan kualitas bagus, dagingnya tebal. Sapi dewasa jantan beratnya bisa mencapai 1000 kg dan yang betina 800 kg. Sapi aberdeen anggus yang ada di indonesia didatangkan dari selandia baru sekitar tahun 1974. Sapi ini termasuk sapi tipe pedaging dan banyak disilangkan dengan sapi yang lain untuk mendapatkan kualitas daging yang unggul serta mendapatkan jenis sapi untuk qurban yang membanggakan.

Incoming search terms:

  • jenis sapi di indonesia
  • jenis jenis sapi qurbandi riau
  • JENIS SAPI
  • sapi jantan afrika

Check Also

Generasi-Quran-LDII

Ikhtibar Tahfidzul Quran LDII Kecamatan Kras

Ikhtibar Tahfidzul Quran LDII Kecamatan Kras Di era globalisasi ini kita selalu disibukkan dengan gadget …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *