Breaking News
Home / Wisata / Kampung Inggris Pare, Wisata Pendidikan yang Mendunia

Kampung Inggris Pare, Wisata Pendidikan yang Mendunia

Kampung  Inggris Pare, Wisata Pendidikan yang Mendunia

LDIIKediri.com, (04/05). Kampung Inggris Pare telah memiliki banyak prestasi pendidikan sehingga Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan perhatian khusus terhadap Kampung Inggris Pare. Salah satu bentuk perhatian pemerintah adalah membentuk Brigadir Kampung Inggris dengan syarat polisi tersebut fasih berbahasa inggris.

Kampung-Inggris-Pare
Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris  berdiri sejak 37 tahun yang lalu, pada awalnya berasal dari upaya seorang pria dari Kutai, Kalimantan Timur yang bernama Kolend Olsen yang mendirikan BEC (Basics English Course) pada tahun 1977 untuk melatih mahasiswa mengembangkan kemampuan bahasa inggris. Dari tahun ke tahun BEC semakin berkembang dan menjadikan  Alumnus-Alumnus yang mahir berbahasa Inggris. Kolend Olsen berpesan kepada semua murid yang telah lulus dari BEC untuk mendirikan tempat belajar bahasa Inggris yang baru di sekitar kampung seperti Desa Tulungrejo dan Desa Pelem,kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Perlahan kampung  itu dikenal menjadi kawah candradimukanya para ahli bahasa Inggris hingga dikenal banyak orang dengan julukan Kampung Inggris Pare. Sampai saat ini tercatat 200 sampai 300 tempat belajar bahasa Inggris yang ada di Pare.

Pemandangan setiap hari di Kampung Inggris Pare yang didominasikan oleh pikuk aktifitas pelajar yang sedang belajar di situ. Apalagi pada saat musim liburan, kampung tidak kalahnya dengan wahan wisata yang sangat ramai karena banyaknya pelajar ,mahasiswa,pekerja maupun masyarakat umum yang mengisi waktu liburan mereka  untuk sambil belajar dengan berwisata. Murid yang belajar di Kampung Inggris tidak hanya dari Indonesia melainkan juga dari mancanegara seperti Malaysia, Thailand dan sebagainya.

Anehnya Kampung Inggris Pare tidak hanya terikat oleh nama dan lokasi, tetapi juga biaya pendidikan dan hidup yang sangat tidak terlalu mahal dengan tempat pendidikan sejenis di kota kota besar lainnya. Biaya pendidikan per rancangan, misalnya grammar 1, atau speaking 2, rata rata antara Rp.100.000-an (2 minggu) dan Rp. 200.000,- an (1 bulan). Biaya konsumsi juga terkenal  lebih murah, hanya dengan membawa uang saku antara Rp. 3000 – Rp. 10.000 kalian sudah menikmati hidangan yang lezat dan mengenyangkan. Untuk tempat tinggal, rata-rata antara Rp. 100.000 sampai Rp. 400.000 setiap bulan tergantun saran dan prasarana.

Paket pembelajarannya pun bermacam, ada paket belajar bahasa inggris dari dasar sampai expert, TOEFL/IELTS, job interview , conversation, grammar hingga public speaking dengan range waktu  1-3 bulan sampai 1 tahun dan ada juga paket wisata dengan range waktu 3 hari hingga 1minggu. Adu pula paket wisata yang cukup menarik karena tidak hanya untuk jalan jalan ke objek unggulan di sekitar Kediri melainkan kita juga dilatih belajar bahasa inggris dalam tempo yang singkat ada juga paket wisata yang 100% penuh menggunakan dialog bahasa inggris . Paket wisata ini biasanya diambil secara rombongan untuk mengisi waktu liburan sekolah, liburan kantor, maupun liburan yang lain.

Untuk pergi ke kampung Inggris pare dapat ditempuh menggunakan berbagai cara antara lain:

  • Turun dari stasiun Kediri, lalu kalian bisa naik becak/ojek dan mitan diturunkan di YONIF 521 dan pindah naik bus yang menuju PARE dan semua lewat kampong inggris. Jika tidak mau repot, dari stasiun naik taksi ke kampung inggris.
  • Turun dari stasiun Jombang, dan Tanya kepada petugas KAI terkait dengan lokasi untuk menunggu bus yang menuju PARE. Turun di perempatan Tulungrejo , lalu sewa ojek untuk mengantar ke kampong inggris.
    Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor,mobil,bus, jika anda bingung gunakan google maps untuk menemukan lokasi Kampung Inggris Pare.
Penulis : Ahmad Ridwan

Incoming search terms:

  • ldii punya kampung ingris di pare

Check Also

Kampung-anggrek-kediri

Pesona Kampung Anggrek Kediri

Pesona Kampung Anggrek Kediri LDIIKediri.com, (15/05). Wisata Kampung Anggrek merupakan tempat yang menarik dan wajib …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *