Home / Kesehatan / Kenapa Harus Air Putih

Kenapa Harus Air Putih

Kenapa Harus Air Putih

LDIIKediri.com (16/01). Lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air, tanpa adanya air manusia tidak akan bisa menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi atau membuang zat yang tidak terpakai. Air juga dapat dikatakan komponen utama organ vital seperti otak, hati, dan jantung.

Fakta secara medis tubuh manusia memerlukan air atau cairan yang  berguna untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan, sirkulasi darah, transportasi nutrisi serta mempertahankan suhu tubuh.

Manfaat-air-Putih-Bagi-Kesehatan
Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Manfaat air putih sangatlah banyak dan tidak perlu diragukan lagi. Berikut adalah beberapa manfaat air putih yang secara tidak terduga memiliki peran vital terhadap hidup manusia :

  1. Penghilang Dehidrasi Dan Haus
  2. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh
  3. Mengontrol Kalori Dalam Tubuh
  4. Meningkatkan Energy
  5. Menjaga Fungsi Ginjal
  6. Menjaga Produktivitas
  7. Menjaga Penuaan Dini
  8. Meningkatkan Fungsi Otak
  9. Melawan Beberapa Penyakit
  10. Meningkatkan System Peredaran Darah

Institute of medicine’s food ad nutrition board merekomendasikan bahwa wanita memerlukan asupan air putih 2,5 liter setiap hari, sedangkan pria memerlukan asupan air putih 3,5 liter setiap hari. Apabila kekurangan asupan air putih perharinya maka efek yang akan timbul dalam diri manusia juga bermacam macam.

Berikut beberapa efek samping yang akan muncul jika sesorang kekurangan air putih.

  1. Dehidrasi Kulit
  2. Sembelit

Konstipasi membuat sulit buang air besar secara normal, usus bertugas membuat tinja sedangkan usus besar bertugas mengeluarkan banyak air untuk mempermudah keluarnya. Bila kekurangan air maka akan menyulitkan buang air besar.

  1. Kram Otot

Kram otot biasa terjadi karena aktifitas fisik, tapi bisa juga terjadi karena kekurangan air putih. Kurangnya cairan dalam tubuh mengakibatkan ketidak seimbangan pasokan elektrolit dan mineral anda yang bisa berakibat pada otot anda.

  1. Kelelahan

Kurangnya asupan cairan pada tubuh menngakibatkan kelelahan. Bila tidal memiliki cukup cairan, maka sel sel dalam tubuh manusia akan memperlambat aktifitas dan menghasilkan lebih sedikit energy.

  1. Masalah Dengan Ginjal

Ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun, urea dan garam pada tubuh. Bila ginjal tidak bisa melakukan fungsi vital ini maka masalah kesehatan akan muncul seperti batu ginjal.

Check Also

Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang LDII Kediri, (25/05). Udang sebagai keluarga seafood sudah tidak diragukan lagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *