Breaking News
Home / Tahukah Anda / Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Handphone Di Pom Bensin

Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Handphone Di Pom Bensin

Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Handphone Di Pom Bensin

Mungkin anda penasaran dengan larangan menyalakan handphone saat mengisi bensin, selain itu ada larangan menggunakan kamera. Saya sedikit berfikir kenapa nggak boleh menggunakan kamera apakah karena privasi bisnis? Okelah kalau memang itu masalahnya sedangkan menggunakan handphone saat isi bensin apa alasannya?

Larangan-menggunakan-handphone

Ternyata penggunaan handphone saat mengisi bensin memancing bunga api keluar, walaupun sangat kecil sekali sebanyaj 1 mikron, 1 mikron= 1/100mm. Percikan api akan muncul disekitar antena koil, akibat beda potensial tegangan yang cukup tinggi.

Ternyata tidak hanya sinyal handphone saja, akan tetapi lampu LED pada handphone juga dapat mengeluarkan cahaya, LED pada handphone berbeda dengan yang di jual di pasaran, lampu LED di hape anda itu terbuka artinya filamen diodanya kontak dengan udara bebas, jadi beda dengan lampu-lampu LED yang ada di pasaran, nah biasanya lampu handphone lebih terang dari pada lampu-lampu LED di sekitar kita.

Ketika anda menyalakan LED maka akan timbul pijar, pijar serta percikan api dari koil kadang membuat orang berpikir paranoid meledak. Sebenarnya percikan api dari LED sangat kecil dan tidak mampu untuk menyalakan uap bensi ( benzema C4H8012 ) di udara yang terbuka. Namun berbeda cerita kalau anda menyalakan lampu LED ketika udara sudah cukup dengan uap bensin. Jika memang keadaanya seperti tersebut maka percikan sekecil apapun akan menyulut api. Akibatnya api membesar dan menyebabkan kebakaran hebat. Jadi sebaiknya anda tidak perlu menggunakan handphone saat melakukan pengisian bensin.

Selain penggunaan handphone saat mengisi bensi ada juga larangan, dilarang memotret, menurut berbagai sumber artikel bahwa blitz juga dapat memancing percikan api oleh karena itu demi keamanan maka di larang menggunakan kamera saat di pom bensin. Selain larangan menggunakan hp, camera, juga ada larangan menyalakan mesin ketika mengisi bensin, di larang merokok dan menyalakan api.

Jika ingin mengambil gambar di area spbu maka spesifikasi kameranya adalah : EX (explosion proof) atau IS (Intrinsically Safe). Jadi kameranya harus yang berspesifikasi boleh di pakai di tempat yang ada bahaya kebakaran atau ledakan. Inipun harus disertifikasi (certified) & menggunakan PTW (Permit To Work)
Biasanya hal ini disiasati dengan :

  1. Jarak pengambilan gambar, arah pengambilan gambar & tidak menggunakan lampu flash.
  2. Jarak untuk meyakinkan di zona aman saat memfoto.
  3. Arah untuk menghindari arah angin yg mungkin ada uap bahan bakarnya.
  4. Tidak memakai flash karena cahaya blitz juga bisa berpotensi sebagai ignition source.

Untuk itu untuk sama-sama menjaga keamanan sebaiknya taati peraturan walaupun terlihat remeh dan terlihat tidak ada ancaman serius jika melanggar aturan-aturan tersebut. Jika kita mau berhati-hati setidaknya menjaga diri kita sendiri dan orang lain dari bahaya yang lebih besar.

Incoming search terms:

  • menyalakan hp saat mengisi bensin

Check Also

Kisah Si Miskin yang Baik Hati dan Si Maling Mangga

Kisah Si Miskin yang Baik Hati dan Si Maling Mangga ldiikediri.com- Ada seorang laki – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *