Breaking News
Home / Tahukah Anda / Kisah Si Miskin yang Baik Hati dan Si Maling Mangga

Kisah Si Miskin yang Baik Hati dan Si Maling Mangga

Kisah Si Miskin yang Baik Hati dan Si Maling Mangga

ldiikediri.com- Ada seorang laki – laki miskin yang bertempat tinggal di sebuah desa. Kebetulan laki – laki tersebut memiliki pohon mangga di sekitar rumahnya yang buah mangga itu biasanya dijual ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari – harinya.
Suatu ketika pohon mangga itu buahnya sudah banyak yang masak dan siap untuk dipanen 1 minggu lagi. Di malam harinya, si laki – laki tersebut sudah memprediksi jumlah uang yang diterima hasil penjualan buah mangga.
Keesokan harinya dia pergi ke kebunnya dan ternyata sebagian buah mangganya hilang dicuri orang. Saat itu dia sangat bersedih sehingga membuat istrinya merasa heran dengan kelakuan suaminya. “Masak hanya gara – gara dicurinya sebagian buah mangga saja engkau sedih”ujar sang istri.

pencuri mangga, ldiikediri
“Bukan itu hal itu yang aku pikirkan, akan tetapi aku berfikir betapa sulitnya orang itu mengambil pohon mangga kita, dia harus mengendap – endap tengah malam supaya tidak dipergoki orang lain, belum lagi dia harus memanjatnya dengan susah payah untuk memetiknya dan mengumpulkannya satu persatu, sungguh malang nasib si pencuri itu”ujar si suami. “Maka dari itu, mudah – mudahan malam ini dia datang lagi dan aku akan menaruh tangga dibawah pohon mangga supaya dia mudah untuk mengambil buah mangga itu”lanjut si suami.
Namun keesokan harinya, mangga tetap utuh dan tidak ada yang mengambil serta tangganya tanpa bergeser sedikitpun. Dia mencoba bersabar dan berharap pencuri itu akan muncul lagi di malam ini. Namun di pagi berikutnya, tetap saja buah mangga itu masih ada di pohon.
Di sore harinya, ada seorang laki – laki yang belum pernah dikenal bertamu ke rumahnya dengan membawa 2 tas kresek hitam berisi buah mangga di tangannya. Singkat cerita, setelah asyik berbincang – bincang, saat akan berpamitan, tamu tersebut menyatakan bahwa dialah yang mencuri buah mangga dipohonnya.
“Sebenarnya” kata sang tamu, “di malam berikutnya saya ingin mencuri buah mangga yang tersisa. Namun saat saya menemukan ada tangga di sana, saya tersadarkan dan sejak itu saya bertekad untuk tidak mencuri lagi. Untuk itu, saya kembalikan mangga Anda dan untuk menebus kesalahan saya, saya hadiahkan mangga yang baru saya beli di pasar untuk Anda”.

Hikmah yang bisa diambil dari kisah inspirasi di atas adalah tentang keikhlasan, kesabaran, kebajikan dan cara pandang positif terhadap kehidupan.

Mampukah kita tetap bersikap positif saat kita kehilangan sesuatu yang kita cintai dengan ikhlas mencari sisi baiknya serta melupakan sakitnya suatu “musibah”?

Incoming search terms:

  • kisah si miskin
  • kisah orang miskin yg baik hati
  • Kisah si miskin baek hati
  • Si miskin yg baik hati

Check Also

Keutamaan-membaca-alquran-setiap-hari

Keutamaan membaca alquran setiap hari

Keutamaan membaca alquran setiap hari Salah satu keutamaan membaca alquran setiap hari adalah mendapatkan 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *