Home / Iptek / Kunci Menjadi Presenter yang Baik

Kunci Menjadi Presenter yang Baik

Kunci Menjadi Presenter yang Baik

LDIIKediri.com, (2/05). Untuk kalian khususnya anak-anak muda yang merasa percaya diri dedepan umum, ada nih profesi yang cocok buat kalian, namanya Presenter. Namun untuk menjadi presenter tidak cukup dengan percaya diri saja, karena presenter secara langsung hanya berhadapan dengan kru dan camera tetapi secara tidak langsung berhadapan dengan khalayak banyak di seluruh penjuru yang dijangkau pemancar. Jadi, selain percaya diri, seorang presenter juga harus memperhatikan penampilan, kontrol suara, mikik muka, dan banyak lainnya.

Kunci-Menjadi-Presenter-yang-Baik

Presenter dibagi menjadi dua, yaitu Presenter TV dan Announcer. Presenter TV meliputi News dan Entertainment, sedangkan Announcer meliputi penyiar Radio dan Dubber. Perbedaan yang jelas antara Presenter TV dan Announcer adalah jika Presenter TV,mulai dari ujung rambut hingga ujungkaki diperhatikan oleh pemirsa,sekaligus gerak-geriknya, namun Announcer tidak, seorang Announcer hanya perlu suara yang menarik saja ditambah kecerdasan hingga pemirsa seakan berimajinasi seperti dialog pada umumnya.

Sehingga, jika kalian ingin menjadi Presenter yang baik dan profesional, kini akan saya kasih kuncinya. Yang pertama, perhatikan Penampilan. Penampilan sangat penting dalam diri seorang Presenter,karena dalam Penampilan,disitu awal penilaian pemirsa pada Presenter. Jadi, perhatikan Penampilan anda, carilah referensi penampilan dari Presenter Kondang dan Profesional. Kedua, Kecerdasan.

Kecerdasan tidak boleh dianggap remeh, ini menjadi salah satu yang paling penting dalam menjadi Presenter yang baik. Setelah penampilan, pasti yang menjadi perhatian selanjutnya adalah Kecersadan, kecerdasan meliputi karakter,sorotan mata, penguasaan materi, cara berbicara, dan gerakan bawah alam sadar seorang presenter. Selanjutnya adalah keramahan, seorang Presenter yang baik tentunya tidak terlalu serius, ramah menjadi salah satu yang penting, karena disitu, pemirsa seakan diajak bicara langsung oleh seorang Presenter hingga muncullah Citra dan Penilaian pemirsa pada Presenter.

Selanjutnya adalah wibawa, meski ramah namun bukan berarti blak-blak an dan terlalu sok akrab, wibawa tetap harus hadir dalam seorang Presenter, karena disitu yang menjadi pengimbang anara keramahan dan kecerdasan seorang Presenter, terakhir adalah Jenis Suara, Jika sebelumnya adalah porsi yang pas untuk Presenter TV, Jenis Suara ini sangat penting bagi seorang Announcer, karena jelas seorang Announcer hanya akan dinilai dari Suara saja. Jenis suara yang baik menghadirkan penilaian pendengar yang baik pula pada seorang Announcer/Penyiar Radio.

Penulis : Barik Lana Fadli

Incoming search terms:

  • teks pembukaan pengajian ldii

Check Also

GEEVV

GEEVV Mari beralih ke mesin pencarian Karya Anak Indonesia Siapa sih yang tidak tahu GOOGLE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *