Breaking News
Home / Berita LDII / LDII Menanam Pohon 3,5 Juta Pohon Pertahun

LDII Menanam Pohon 3,5 Juta Pohon Pertahun

LDII Menanam Pohon 3,5 Juta Pohon Pertahun

LDIIKediri.com, (22/04). Semangat go green LDII telah menjadi gerakan masif dengan pelaksanaan setiap tahun sekali menanam 3,5 juta pohon yang tersebar di 12 provinsi dengan estimasi 7,2 % kematian. Selain itu dalam kehidupan sehari-hari warga LDII agar membiasakan menanam tanaman yang bermanfaat secara umum maupun pribadi.

Indonesia dengan luas hutan 130,68 juta hektare mengalami pengundulan yang sangat parah sejak 10 tahun yang lalu. Matthew C. Hansen, pakar peneliti hutan dari universitas Maryland merilis kerusakan hutan di Indonesia mencapai 2 juta hektar per tahun, mulai dari penebangan liar hingga pembukaan lahan secara ilegal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Gerakan penghijauan yang dicanangkan oleh pemerintah yang melibatkan berbagai instansi dan ormas menuai hasil, sebagaimana dilansir oleh tempo.co pada tahun 2016 kasus illegal logging sudah mulai berkurang. Ada beberapa kemungkinan menurunnya kasus illegal logging karena kayu di hutan telah berkurang serta perizinan ekspor kayu semakin ketat.

Sebagai upaya semangat go green, warga telah mengadakan penanaman baik di pekarangan maupun bukit gersang sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua LDII Kota Kediri disela-sela kesibukannya di kantor DPD LDII Kota Kediri.

“Warga LDII Kota Kediri telah melakukan penghijaun baik di bukit gersang maupun pekarangan, kami menyampaikan kepada warga LDII agar saling menjaga dan memelihara bumi dengan baik, tidak merusak lingkungan kita masing-masing,” kata Usman Arif.

Paru-paru bumi tidak akan berfungsi ketika hutan telah gundul dan bumi menjadi gersang, dampak negatif akan semakin tampak secara perlahan seperti longsor dan susahnya mencari mata air yang baik. Dampak negatif pada kesehatan antara lain penyakit pernafasan, sebagaimana disampaikan oleh Agus Sukisno Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri.

“Dengan semangat go green mari warga LDII di tingkat PC maupun PAC Kabupaten Kediri untuk menanam tanaman produktif di lingkungan rumah kita, sedangkan warga dengan lahan terbatas bisa menanam tanaman hidroponik seperti sayur-sayuran dan sebagainya, lingkungan yang segar akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit pernafasan,” ujar Agus Sukisno.

Check Also

Halaqoh-Kubro-LDII-Jatim

20.000 Penghafal Alquran Berkumpul di Surabaya

20.000 Penghafal Alquran Berkumpul di Surabaya Surabaya (23/12). Majelis Taujih Wal Irsyad DPP LDII bekerja sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *