Breaking News
Home / Berita LDII / LDII Munas Tanpa Kertas

LDII Munas Tanpa Kertas

LDII Munas Tanpa Kertas

Munas VIII LDII berlangsung tanpa kertas. Ini merupakan salah satu upaya mengurangi penggunaan kertas yang semakin meningkat dan bentuk nyata kepedulian LDII terhadap lingkungan. Munas berlangsung 8-10 November 2016 di Balai Kartini Jakarta.

Munas LDII

“Munas kali ini merupakan cermin bahwa Islam itu rahmatan lil alamin, kami memberikan solusi berbagai masalah bangsa. Bagi LDII Munas bukan sekadar pertanggungjawaban pelaksanaan program, memilih ketua baru, dan menyusun arah organisasi. Munas sebisa mungkin cermin solusi atas masalah bangsa, dalam detail pelaksanaan,” kata Prasetyo Sunaryo Ketua Panitia Pengarah Munas VII LDII.

Prasetyo mencontohkan, penebangan hutan untuk berlembar-lembar kertas ataupun tisu, mengakibatkan keseimbangan ekosistem di bumi terganggu. Lalu muncul masalah berikutnya, pemanasan global menjadi ancaman umat manusia karena hutan yang berfungsi menyaring polusi dan menjaga suhu bumi, kian menyusut.

peserta-munas-ldii

Solusinya, warga LDII telah melakukan gerakan masif dengan menanam 3,5 juta pohon di 12 provinsi dengan tingkat kematian 7,2 persen. Dalam setahun sekali, DPD LDII di seluruh Indonesia melaksanakan program Go Green setidaknya setahun sekali. Gerakan penghijauan ini diterapkan pula dalam kehidupan sehari-hari dengan menanam pekarangan rumah dengan pepohonan yang bermanfaat.

“Lalu kami memikirkan Munas yang bebas kertas, sebagai kelanjutan Go Green. Semua materi pembicara, pendaftaran, dan administrasi di kesekretariantan Munas menggunakan email dan software khusus untuk menaruh dokumen. Peserta tinggal mengunduh. Pendaftaran peserta juga dilakukan secara online,” ujar Prasetyo.

Langkah LDII menggelar munas tanpa kertas ini diapresiasi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Menurutnya, langkah LDII menggelar munas tanpa kertas bisa diikuti oleh ormas lain, “Selain ramah lingkungan, juga menekan pegeluaran untuk menggelar munas,” kata Lukman Hakim saat audiensi dengan pengurus DPP LDII.

Check Also

Halaqoh-Kubro-LDII-Jatim

20.000 Penghafal Alquran Berkumpul di Surabaya

20.000 Penghafal Alquran Berkumpul di Surabaya Surabaya (23/12). Majelis Taujih Wal Irsyad DPP LDII bekerja sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *