Home / Iptek / Macam-Macam Jenis Hardware dan Fungsinya

Macam-Macam Jenis Hardware dan Fungsinya

Jenis Hardware dan Fungsinya

komputer-dalam-komputer

Pada dasarnya sebuah komputer itu terdiri dari perangkat keras yang biasa kita sebut hardware dan software. Computer juga terdiri dari system in put – process – out put. Hardware merupakan komponen fisik yang membentuk sebuah sistem dalam komputer. sifat hardware sangat berbeda dengan software, yaitu dapat dilihat, diraba, dan bentuknya nyata juga keras.

Berikut akan kami ulas tentang macam-macam hardware beserta fungsinya.

  1. Motherboard
    motherboard

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit yang mempunyai fungsi sebagai tempat komponen inti pada komputer, seperti processor, hard disk, RAM, dll. Motherboard sendiri berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur pada komponen komputer maupunkonektor yang berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komponen.

  1. Processor
    processor-1

Processorsering disebut sebagai otak dari sebuah komputer karena merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sistem komputer dan mempunyai fungsi untuk melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

  1. Hard disk
    harddisk

Harddisk merupakan hardware yang berfungsi untuk media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berguna untuk memperbesar media penyimpanan pada hard disk tersebut.

  1. Monitor
    monitor

Monitor merupakan hardware yang tergolong dalam alat output. Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil olah data berupa grafis.

  1. VGA Card
    VGA-card

VGA Card atau video graphic card berfungsi sebagai pengolah grafik yang akan ditampilkan oleh monitor.

  1. RAM
    RAM-1

RAM atau Randoom Acces memory berfungsi untuk media penyimpanan data sementara yaitu ketika komputer sedang dihidupkan. ketika dimatikan data atau instruksi yang disimpan oleh ram akan hilang atau dikosongkankecuali jika komputer tersebut dalam mode hibernate.

  1. Keyboard
    Keyboard

Keyboard merupakan alat input komputer. Yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data, huruf, perintah, dan simbol.

  1. Mouse
    mouse

Mouse juga termasuk alat input komputer. Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin kita jalankan. Kenapa disebut mouse? Karena memang perangkat yang satu ini bentuknya menyerupai seekor tikus.

  1. Printer
    printer

Printer adalah alat keluaran atau out put dalam komputer, karena printer mempunyai fungsi untuk mencetak sebuah data, teks, maupun gambar.

  1. Speaker
    speaker-1

Speaker ini juga termasuk perangkat output. Speaker berfungsi untuk mengeluarkan sebuah suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika didukung oleh soun card.

Incoming search terms:

  • macam macam hardware
  • 40 macam macam hardware dan fungsi
  • jenis makrame dan fungsinya

Check Also

GEEVV

GEEVV Mari beralih ke mesin pencarian Karya Anak Indonesia Siapa sih yang tidak tahu GOOGLE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *