Home / Kesehatan / Malas Olahraga membuat otak menyusut

Malas Olahraga membuat otak menyusut

Malas Olahraga membuat otak menyusut

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan terus – menerus, selain membuat fisik menjadi sehat dan bugar ternyata bermanfaat baik pula pada kesehatan otak, apalagi olahraga yang dilakukan sejak usia muda.

5-wanhat-ldii-kab-mimika

menurut penelitian yang dilakukan lembaga Framingham Heart Study dengan mengikut sertakan 1.583 orang dengan rata – rata usia 40 tahun tersebut, membuktikan bahwa orang – orang yang berusia 40 tahun atau 50 tahun pria dan wanita yang tidak mengalami alzeimer dan riwayat penyakit jantung dan yang rutin berolah raga bisa membantu untuk mencegah penyusutan pada otak.

Sebaliknya bagi mereka yang jarang berolahraga besar kemungkinan akan mengalami penyusutan otak. para koresponden juga diminta untuk melakukan olahraga secara rutin seperti senam, lari – lari / jogging yang kemudian akan menjalani scan MRI pada otak setelah puluhan tahun berikutnya.

homerbrain_www.geek.com_

hal ini memang sudah diungkapkan oleh Dr. Nicole Spartano dari Boston University School of Medicine yang berada di Amerika Serikat, bahwa seorang pada usia 30 – 40 tahun yang jarang berolahraga, maka penyusutan otak akan dialami saat 20 tahun kemudian dari hasil peneleitiannya

Dr.Nicole juga menambahkan bahwa ada hubungan langsung antara kebugaran tubuh yang berkurang dengan ukuran volume otak pada puluhan tahun kemudian, bahkan kurangnya kebugaran tubuh akan memepercepat penuaan otak.

pada kelompok yang tidak memiliki kebugaran tubuh juga menunujukkan bahwa mereka memiliki tekanan darah yang tinggi serta derak jantung yang cepat, yang kita tahu itu adalah resiko terbesar penyakit stroke dan jangtung, selain resiko penyusutan volume otak pada 20 tahun kemudian
serta resiko mengalami demensia atau penurunan kinerja otak sepeti alzeimer.

Dr. Nicole juga menyimpulkan dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik juga meningkatkan harapan hidup pada seseorang, oleh karena itu berolahraga secara rutin harus dilakukan sejak usia muda.

pentingnya berolahraga ini juga sudah disadari sejak dulu oleh para ulama’ LDII, dengan menyarankan setiap warga LDII untuk rutin berolahraga minimal 5 menit setiap hari, karena dengan rutin berolahraga diharapkan setiap warga LDII dalam beribadah kepada Allah juga dalam bekerja dalam memenuhi kebutuhan bisa lebih bugar dan bersemangat.

maka apapun jenis olahraga yang sekiranya mampu dilaksanakan maka hendaknya bisa menjadi kegiatan rutin bagi warga LDII seprti halnya sepakbola, pencak silat, senam dan lain sebagainya.

hal ini juga dibuktikan para generasi muda LDII banyak yang berprestasi dalam bidang olahraga  seperti contohnya Suryo Agung Wibowo yang pada Sea Games 2009 di Laos mencatatkan dirinya sebagai manusia tercepat se-Asia Tenggara.

Suryo_Agung_Wibowo

ada pula Eka Yulianto yang merupakan Atlet Persinas yang telah mewakili Indonesia menuju Sea Games XXVI

pencak-silat-sea-games-300x227

dan mungkin sudah tak asing lagi ditelinga para penggemar sepak bola yaitu Budi Sudarsono, yang karirnya melejit di kancah per sepak boalaan Nasional di era tahun 2000 dengan mendapata julukan ‘ si ular piton ‘ karena kelincahannya dalam memainkan bola

Budi-Sudarsono

dengan melihat banyaknya manfaat yang diperoleh dari berolahraga secara rutin dan teratur, sudah saatnya untuk memulainya dari sekarang demi kesehatan fisik maupun otak.

Check Also

Gejala-Difteri

Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah

Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah Kediri, (12/17). Penyebab terkena difteri karena terinfeksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *