Breaking News
Home / World / Sports / Manfaat Olah Raga Bagi Tubuh

Manfaat Olah Raga Bagi Tubuh

Manfaat Olah Raga Bagi Tubuh

LDIIKediri.com, (28/05). Bermacam-macam olahraga yang ada disekitar kita mulai dari volly, basket, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, berenang, jogging, sepak bola, dan lain sebagainya. Semua olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran jasmani kita jika semuanya itu dilakukan dengan benar. Terutama untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, itu bisa dilakukan dengan berolahraga berenang dan jogging.

Manfaat-olah-raga-sepak-bola

Sebagai contoh yaitu sepak bola, sebelum bertanding para pemain harus melakukan berbagai jenis pemanasan. Biasanya para pemain melakukan pemanasan bersama-sama dengan hitungan suara keras agar menambah semangat. Pemanasan dilakukan secara berurutan dimulai dari kepala/leher, tangan, badan, kaki, dan selanjutnya senam dan lari-lari kecil.

Manfaat utama olahraga sepak bola :

Menjaga kesehatan jantung

Pemain sepak bola akan bergerak ke depan dan ke belakang lapangan selama pertandingan. Mereka seperti berlari dan berjalan sejauh 5 sampai dengan 7 mil selama pertandingan penuh. Berjalan, jogging dan berlari akan membantu pemain bola menjaga detak jantung, menjadikan latihan cardiovascular. Latihan cardio membantu pemain untuk memperkuat jantungnya, menghindari plak yang ada di arteri, mengurangi tekanan darah dan membakar kalori.

Melatih kecerdasan otak

Dalam pertandingan sepak bola, pemain tidak hanya menggerakkan fisik mereka namun juga menggunakan otak mereka. Sepak bola dapat menjadi permainan cepat yang akan melatih pikiran kita untuk membuat keputusan cepat di lapangan. Bahkan saat tempo permainan lambat, para pemain masih berpikir untuk mencari peluang-peluang dalam menempatkan dan menendang bola atau menentukan posisi dirinya sendiri. Bermain sepak bola sama seperti bermain catur namun lebih aktif.

Ada juga manfaat sepak bola bagi masyarakat, seperti menumbuhkan rasa kekompakkan mengapa seperti itu ? Karena bermain sepak bola memang sangat membutuhkan kekompakkan tim yang beranggotakan 11 orang per regu/tim. Jadi dalam pertandingan satu tim itu harus menjaga emosi dan saling memberi kesempatan yang pas buat teman. Jaman sekarang anak muda susah kekompakkannya dalam bergaul, karena memang sekarang ini jamannya internet, sosmed, dan lain-lain.

 Jadi banyak anak-anak yang kecanduan internet yang memang internet ini sangat mempengaruhi dan juga berpengaruh bagi kehidupan. Pada intinya berolahraga inilah salah satu hal yang sangat baik untuk dilakukan oleh kaula muda maupun orang dewasa. Ini juga menambah persaudaraan kita dngan teman satu tim maupun lawan, karena dalam olahraga sepakbola ini kita akan saling mengenal sifat dan karakter masing-masing. Berolahraga memang banyak manfaatnya bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Penulis : Era Puspita Sari

Incoming search terms:

  • pengertian kebugaran jasmani
  • cara menjaga kebugaran jasmani dan rohani
  • pengertian kebuaan jasmani

Check Also

Manfaat Silat Cimande

Manfaat Silat cimande Sebagian besar perguruan silat di Indonesia itu berasal dari aliran silat cimande. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *