Breaking News
Home / Berita LDII / NETWORK NEWS Semakin Menguasai Dunia

NETWORK NEWS Semakin Menguasai Dunia

muslimah main lapitop

NETWORK NEWS Semakin Menguasai Dunia

Kediri (5/3). Menurut survei Nielsen menunjukkan bahwa angka pembaca media cetak semakin menurun drastis, dari pendapatan 28 persen pada kuartal pertama tahun 2005 menjadi hanya 19 persen pada kuartal kedua tahun 2009. Mulai meninggalkan media cetak sebagai sumber informasi dan sebagai gantinya mereka menggunakan web atau network news untuk mengakses berita yang terjadi.

Yang pada akhirnya menjadikan setiap orang yang bekerja di bidang jurnalistik harus bersiap untuk migrasi besar-besaran dari media cetak ke media internet, yang jelas menuntut tambahan pengetahuan yang lebih banyak dan mendalam dalam bidang penulisan serta penyajian berita yang baik dan akurat.

 

Hal tersebut digunakan para generasi penerus LDII untuk belajar dan berkarya lebih banyak dalam dunia jurnalistik, salah satunya DPD LDII Kota Kediri yang pada 5 Maret 2016 mengadakan pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Nurul Huda, Kresek. Dengan peserta 30 orang yang memiliki potensi di bidang jurnalistik serta web news di setiap PC dan PAC diseluruh DPP LDII Kota Kediri.

4

Dengan mengundang narasumber Ludhy Cahyana S.Sos, pemimpin redaksi LINES INDONESIA, ia mengemukakan bahwa setiap jurnalis harus memiliki wawasan yang luas dan materi yang cukup dalam menggali informasi dari setiap narasumber, yang bertujuan informasi yang diperoleh bisa tergali dengan baik dan pada akhirnya menjadikan pembaca semakin percaya dan yang akan informasi yang diperoleh entah dari media cetak maupun internet.

3

“ Selain itu tampilan serta gambar yang baik akan menjadikan minat pembaca semakin besar, dan sebuah angle dalam pengambilan gambar juga perlu mendapat perhatian yang paling utama, karena hanya dengan sebuah gambar sudah bisa menyampaikan informasi yang akan disajikan,” ujar Ludhy.

Tidak berhenti disitu saja, dalam penulisan sebuah berita tetap tidak boleh meninggalkan unsur “5W1H” ( What, Where, Who, When, Why, How ), apapun beritanya entah untuk media cetak maupun media intenet.

Dengan ketrampilan yang dipelajari 30 peserta, DPD LDII Kediri dapat membangun Network News. rumus dasar itu sudah menjadi acuan dalam penulisan sebuah berita, yang sekarang ini Network News mulai menguasai dunia informasi.

Check Also

Halaqoh-Kubro-LDII-Jatim

20.000 Penghafal Alquran Berkumpul di Surabaya

20.000 Penghafal Alquran Berkumpul di Surabaya Surabaya (23/12). Majelis Taujih Wal Irsyad DPP LDII bekerja sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *