Breaking News
Home / Kesehatan / Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

Saat anda tertidur pulas dimalam hari, pernahkah anda mengalami kram yang begitu menyakitkan? Yang mana kram tersebut datang tanpa permisi, tiba-tiba salah satu bagian tubuh kita mengeras dan terasa sakit. Kram semacam ini biasa disebut kram nokturnal-red. Salah seorang pakar dari departemen kedokteran olahraga di University of Alberta, scott garrison, MD., PhD, mengungkapkan bahwa kram nokturnal yang terjadi di malam hari itu disebabkan oleh saraf yang membawa sinyal dari otak ke otot-otot ‘menembakkan’ terlalu banyak ‘pesan’. Hal inilah yang menyebabkan otot akan berkontraksi dan membuat anda tidak nyaman juga kesakitan.

Penyebab-Kram-Dan-Cara-Mengatasinya
Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

“Duduk atau berbaring dalam waktu yang cukup lama, termasuk ketika anda sedang tidur dapat memicu terjadinya gangguan saraf seperti itu. Maka dari itu, seringkali anda mengalami kram di malam hari,” ucap Garrison seperti dikutip dari prevention pada Jumat (25/09). Uniknya, berdasarkan penelitian Garrison dan timnya, kram nokturnal ini lebih sering terjadi ketika dimusim panas. Menurut garrisson penyebabnya adalah ketika dimusim panas, seseorang akan mendapat paparan sinar matahari  lebih banyak. Hal ini juga dapat menjadi penyebab terjadinya kram nokturnal, karena dipengaruhi oleh nutrisi yang mengatur  pertumbuhan dan perbaikan serat otot.

Jika umur anda sudah di atas 50 tahun bisa juga disebabkan oleh faktor usia. Karena di usia tersebut  seseorang akan mulai kehilangan sel-sel saraf yang mengirimkan pesan dari otak ke otot yang menjadikan sel yang tersisa harus bekerja lebih keras lagi.

“Pada umumnya, kram yang terjadi diwaktu malam hari itu tidak berbahaya, apalagi jika anda tahu pemicunya. Namun jika terjadi terus menerus bisa jadi ada ketidakseimbangan elektrolit atau gangguan neuromuskuler seperti amyotrophic lateral sclerosis (ASL). Namun untuk memastikannya anda perlu cek ke dokter terlebih dahulu,” Kata Gorrison.

Salah satu cara untuk mengurangi terjadinya kram nokturnal tersebut adalah anda dapat melakukan gerakan perenggangan pada betis, paha belakang dan paha depan. Bahkan, mereka yang mengalami di usia lanjut lebih sedikit jumlahnya setelah rutin melakukan perenggangan minimal 3 menit sebelum tidur, demikian hasil studi di Belanda pada tahun 2012.

Ketika kram menyerang di tengah malam, untuk mengurangi rasa sakit tersebut cobalah untuk melakukan perenggangan. Anda juga bisa mencoba untuk turun dari tempat tidur kemudian berjalan selama kurang lebih satu menit, atau anda juga bisa menggunakan obat gosok hangat untuk merelaksasikan otot yang kram,” ujar Garrison  memberikan sarannya.

“Kram berbahaya ketika mengenai otot pernapasan dan perut, jika terjadi kram lakukan
perenggangan kalau tidak berhasil  sebaiknya pergi ke Klinik atau Dokter, Dokter akan memberikan obat
Anti Spasmolitik, tidak sampai setengah jam obat ikut akan berfungsi,” kata Dr. Agus Sukisno Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri.

Check Also

Gejala-Difteri

Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah

Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah Kediri, (12/17). Penyebab terkena difteri karena terinfeksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *