Breaking News
Home / Kesehatan / Penyuluhan gizi santri Pondok LDII Blawe

Penyuluhan gizi santri Pondok LDII Blawe

Penyuluhan gizi santri Pondok LDII Blawe

Kediri, (29/10). Dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat, UPTD Puskesmas Sumberjo mengadakan penyuluhan gizi bertempat di masjid Miftahul Huda Pondok Pesantren Blawe pada Sabtu, 29/10/2016.

Penyuluhan yang cukup interaktif di ikuti 154 santriwan – santriwati Ponpes Blawe dari pukul 9.00 hingga 11.00 di lanjutkan dengan sesi tanya jawab.

minum-ttd

“Terima kasih kami ucapkan kepada UPTD Puskesmas Sumberejo telah hadir di Ponpes LDII Blawe untuk memberikan penyuluhan gizi agar kesehatan santri bisa terjaga dengan baik,” kata Purnomo, Ketua Ponpes Blawe.

Selayang pandang UPTD Puskesmas Sumberjo menjelang akreditasi disampaikan oleh Welly Susanti mewakili Kepala UPTD Puskesmas Sumberjo.

“Wilayah kerja Puskesmas Sumberejo ada pada 11 desa, dulu berada di desa Sumberjo dan Sekarang di fasilitasi Dinas Kesehatan berada di Desa Klampitan dan dilengkapi dengan beberapa poli, dan kedepan insya alloh akan ada akreditasi, bagi yang memiliki BPJS bisa berobat secara gratis,” kata Welly Susanti.

penyuluhan-gizi-ldii-blawe

Umur di bawah 20 tahun itu adalah masa pertumbuhan, namun sangat ironis di usia tersebut masyarakat kurang memperhatikan gizi sehingga pertumbuhannya mengalami keterlambatan.

“Setiap makan di usahakan perbanyak protein karena sangat penting untuk usia pertumbuhan selain itu konsumsilah dengan cara yang baik,” kata Sutriasih ahli gizi Puskesmas Sumberjo.

Penerapan 4 sehat 5 sempurna jika tidak sesuai maka akan menyebabkan gizi ganda yaitu kurang gizi dan overnutrisi. Kurang nutrisi bisa menyebabkan penyakit seperti anemia, kekurangan vitamin dan gondok. Di sisi lain, kelebihan nutrisi dapat menyebabkan obesitas yang berisiko memicu diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah.

Yang paling tepat dengan mengkonsumsi gizi seimbang yang di hitung bukan jumlahnya tapi ukuran dan porsinya. Gizi baik akan meningkatkan prestasi belajar dan pertumbuhan badan akan seimbang. Selain itu makanan yang baik akan menambah sistem imun dalam tubuh.

Untuk menjaga terus menjaga pola makan dan aktivitas fisik/olah raga.

siswa-pondok-blawe

10 Tips Pola Makan Sehat

  1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan yang di makan.
  2. Banyak makan sayur dan buah-buahan.
  3. Mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  4. Mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok.
  5. Batasi makanan asin, manis dan berlemak.
  6. Biasakan sarapan dengan gizi seimbang.
  7. Minum air putih yang cukup dan aman.
  8. Biasakan membaca label makanan dan komposisinya.
  9. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.
  10. Lakukan aktivitas fisik teratur dan jaga berat badan.

“Untuk menjaga kesehatan tubuh lakukan empat cara ini makan aneka ragam makanan, jaga kebersihan tubuh, lakukan aktifitas fisik, pantau berat badan dan tinggi badan,” ujar Sutriasih.

Acara penutup di isi dengan gerakan minum tambah darah khusus santriwati. Kekurangan darah akan menyebabkan lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai Lelah. Remaja putri penting sekali makanan yang mengandung zat besi karena angka anemia remaja putri sangat tinggi. Ngantuk adalah salah satu tanda dari kadar hemoglobin rendah oleh karena itu remaja putri di sarankan minum tablet tambah darah secara mandiri.

Untuk membantu penyerapan tablet tambah darah minum minuman yang mendandung vitamin C atau juz jangan dibarengi teh atau kopi karena mempengaruhi penyerapan zat besi.

Check Also

Tips Bernafas Agar Tidak Mudah Capek

Tips Bernafas Agar Tidak Mudah Capek Dalam berolahraga terutama olahraga lari, sistem pernafasan sangatlah mengambil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *