Home / Iptek / Perbedaan mendasar hardware dan software

Perbedaan mendasar hardware dan software

Perbedaan antara software dan hardware

q

 

Kali ini akan kita bahas tentang perbedaan software dan hardware.

Apa sih bedanya hardware dan software?

Hardware adalah komponen fisik atau perangkat keras yang terdapat dalam komputer anda. Software komponen yang dapat kita instal keda;am komputer kita. Jika hardware itu berwujud dan keras, maka software ini tidak berwujud fisik dan lunak. Software juga merupakan sebuah program atau sebuah aplikasi yang dibuat dari sekumpulan kode-kode dalam bahasa pemrograman.

Hampir semua software atau perangkat lunak sealu menggunakan hardware atau perangkat keras untuk beroperasi dengan baik. Sebuah game yang kita jalankan yang merupakan perangkat lunak selalu menggunakan processor, RAM, dan video card atau VGA yang mana semua itu adalah perangkat keras yang dibutuhkan oleh software untuk beroperasi dengan baik.

Dalam sebuah komputer hardware adalah apa saja yang membuat komputerdapat bekerja. CPU dapat memproses sebuah informasi dan dapat disimpan dalam RAM maupun hard disk, sebuah VGA Card yang memproses gambar untuk ditampilkan oleh monitor.

Pada komputer yang sama, perangkat lunak dapat diinstal dan memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan perangkat keras. Sebuah sistem operasi, seperti Windows atau OS Mac adalah sebuah perangkat lunak. Ini menyediakan grafis antarmuka bagi orang untuk menggunakan komputer dan juga untuk perangkat lunak lainnya. Seseorang dapat membuat dokumen dan gambar dengan menggunakan software.

Mampukah sebuah komputer beroperasi dengan tanpa software?

Dalam kebanyakan situasi komputer memang dapat berjalan tanpa software yang diinstal. Tapi jika dalam sebuah komputer tidak diinstal sebuah sistem operasi maka akan menghasilkan kesalahan atau tidak ada output informasi. Menginstal sebuah software dalam komputer itu berguna untuk sebuah sistem operasi dan dapat memberikan kemampuan tambahan. Contoh, sebuah pengolah kata memang tidak diperlukan, tapi dengan kita menginstalnya besar kemungkinan dapat kita gunakan untuk membuat sebuah surat atau dokumen.

Incoming search terms:

  • perbedaan perangkat keras dan analisis
  • perbedaan perangkat keras perangkat lunak dan perangkat kerja otak

Check Also

GEEVV

GEEVV Mari beralih ke mesin pencarian Karya Anak Indonesia Siapa sih yang tidak tahu GOOGLE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *