Breaking News
Home / Artikel Islam / Pikiran Salah Dari Berita Salah
Pikiran Salah Dari Berita Salah

Pikiran Salah Dari Berita Salah

Pikiran Salah Dari Berita Salah

“ Kamu jangan berani-berani pergi kesana kalau kamu tidak ada yang kenal, nanti kamu dilarang masuk dan diusir security “. Demikian bunyi ucapan seseorang pada istriku yang akan mengurus kenaikan pangkat ke kantor pusat Jakarta. Untuk keperluan mencari orang yang dikenal, maka sibuk kami mencari informasi pada teman-teman yang ada di Jakarta kami hubungi mereka lewat grup alumni sekolah kami, kebetulan pada hari minggu kami ada acara reuni angkatan kami bertempat disalah satu teman kami. Dari teman yang berjumpa dalam reuni, ada salah satu teman kami yang saudara suaminya berinisial WR berkantor di sana yang insyaallah dapat membantu keperluan kami dalam urusan kenaikan pangkatistriku, Alhamdulillah ada jalan.

Pikiran Salah Dari Berita Salah

Kisah selanjutnya pada saat hendak kami pergi ke kantor pusat itu untuk mengurus keperluan kenaikan pangkatnya, istriku lupa nama suami temannya itu, setelah kami hubungi via tlp dan WA ternyata tak juga ada jawaban, achirnya kami putuskan untuk mendatangi kantornya yang letaknya di Ciawi Bogor. Sampai di sana kami diterima resepsionis diberi tanda pengenal dan kami berjalan menuju ruangan teman kami bekerja, kami diterima security di sana dan selanjutnya kami menunggu, setelah menunggu lama ternyata yang bersangkutan tak ada di tempat padahal kami harus meluncur lagi ke Jakarta mengejar waktu, achirnya kami putuskan untuk meninggalkan saja, dan kami mencoba dengan apa adanya.

Sampai di tempat tujuan kantor pusat Jakarta, kami diterima oleh security, kamipun menanyakan nama saudara teman kami itu, ternyata nama itu ada tiga, kami kebingungan dalam pikiranku tak ada yang dikenal jangan-jangan kami diusir seperti isu diawal tulisan ini. Selanjutnya security menanyakan keperluan kami, dan sayapun menjelaskannya, ternyata dengan baik hati mereka menjelaskan alur bagian-bagian yang harus ditemui, kamipun mengikuti petunjukanya dan disana kami mendapatkan detail penjelasannya dengan baik sekali, dengan terlebih dahulu tentunya kami dipersilahkan duduk, kami diterima dan dilayani sebagai tamu, Alhamdulillah. Setelah cukup penjelasan kamipun berpamitan menuju kendaraan kami yang terparkir di sana.Selanjutnya kamipun tertawa karena kami telah termakan isu yang membuat kami cemas karena tak mendapati orang yang dikenal. Berita/informasi yang salah megakibatkan kami berpikir dan berpersepsi yang salah terjadilah rugi waktu dan rasa cemas, namun tetaplah menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami. Pikiran yang salah dari berita yang salah, maka setiap berita perlu dianalisis tentang kelogisannya termasuk klarifikasi sedapat mungkin.

Tak semua benar adanya, mungkin ada juga berita yang sengaja disebar sebagai isu yang menakutkan agar yang mendengar meminta tolong karena tidak mau menangung resikonya, Disinilah cara orang mencari keuntungan dari situasi kesempatan dalam kesempitan.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujurat: 6).

Sempatkan berpikir ulang sebelum bertindak, moga Allah selalu menolong kita.

Check Also

Keharmonisan Rumah Tangga (Bag.1)

Keharmonisan Rumah Tangga (Bag.1)

Menikah dan berumahtangga adalah salah satu tujuan individu anak adam, sehingga dalam berumahtangga perlu adanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *