Breaking News
Home / Kesehatan / Tips Bernafas Agar Tidak Mudah Capek

Tips Bernafas Agar Tidak Mudah Capek

Tips Bernafas Agar Tidak Mudah Capek

Dalam berolahraga terutama olahraga lari, sistem pernafasan sangatlah mengambil peran penting. Karena jika si pelari membawa lebih banyak oksigen,maka ia akan lebih kuat. Ini dikarenakan saat melakukan latihan fisik, otot-otot kita akan membutuhkan banyak oksigen.


Mengoptimalkan ritme bernafas adalah hal yang sederhana, ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu mengembangkan pola pernafasan ketika berlari, seperti dikutip dari Lifemojo, saya sendiri sudah mencoba tips dibawah ini dan saya merasakan perubahan saat saya berlari.

1) Bernafas dari mulut
menggunakan mulut untuk bernafas memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang keluar dibanding dari hidung. Jika mencoba bernafas dari hidung sambil berlari membuat otot-otot wajah mengencang dan rahang cenderung mengepal atau mengeras.

2) Mengambil nafas pendek dan dangkal
Ini yang biasanya tidak banyak diketahui oleh orang-orang,kalau mengambil nafas yang dalam akan membuat kita kesulitan berlari pada jarak jauh. Ambillah nafas pendek saat berlari, karena nafas yang pendek akan terus memberikan stok oksigen pada otot kita.

3) Dengarkan nafas
Gunakan telinga untuk mengontrol pernafasan. Jika mendengar nafas mulai terengah – engah maka kurangi kecepatan berlari, jika sudah mulai stabil kembali bisa secara perlahan ditingkatkan kecepatannya.

4) Gunakan pernafasan perut
Cobalah bernafas menggunakan perut, berlatihlah dengan cara berbaring telentang dan lihat gerakan perut saat bernafas. Jika sudah benar maka saat bernafas perut akan naik dan turun sementara dada tidak banyak bergerak.

5) Nafas yang berirama
Hal utama yang perlu diingat adalah sebaiknya menarik dan mengeluarkan nafas secara konsisten atau berirama.

Nah itu dia beberapa tips bernafas agak tidak mudah capek saat berlari , yakni bernafas dari mulut , mengambil nafas pendek , dengarkan nafas , gunakan pernafasan perut , dan nafas yang berirama. Jika kalian sering melatihnya makan cepat atau lambat kalian akan terbiasa dengan cara-cara efektif tersebut dan tidak cepat capek atau mudah terengah – engah saat berlari, semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Mengurangi Bau Badan Tak Sedap

Cara Mengurangi Bau Badan Tak Sedap LDIIKediri.com, (04/11). Bagaimana cara mengurangi bau badan? Perhatikan beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *