Home / Berita LDII / Usman Arif : FKUB, Media Pemersatu Kerukunan Umat

Usman Arif : FKUB, Media Pemersatu Kerukunan Umat

Usman Arif : FKUB, Media Pemersatu Kerukunan Umat

KEDIRI, (23/04). Selain kaya akan wisata kuliner, Kota kediri juga dikenal dengan kerukunan bermasyarakatnya. Tiap-tiap agama dapat membangun tempat ibadah mereka seperti Masjid, Gereja, Vihara dan Klenteng ada di Kota Tahu ini. Ditambah keberadaan Paguyuban Antar Umat Beragama dan Penghayat Kepercayaan (PAUB-PK) serta Forum Kerukunan Umar Beragama (FKUB) ini menambah kota kediri dalam keadaan kondusif.

FKUB Media Kerukunan Umat
FKUB Media Kerukunan Umat

PAUB-PK dan FKUB terdiri dari para tokoh dari seluruh agama dan penghayat kepercayaan di Kota Kediri seperti unsur agama Islam (NU,Muhammadiyah,LDII), Kristen, Katholik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Setiap bulannya, PAUB-PK rutin mengadakan silaturrahmi sembari membahas topik yang hangat khususnya di Kediri dengan mengundang pejabat, pengusaha, TNI/POLRI dan Forkopimda.

Bulan ini, tepatnya pada 19 April 2017 lalu, PAUB-PK menggelar silaturahmi yang berlokasi di Santo Yoseph yang sebelumnya digelar di Pondok Pesantren Wali Barokah. Acara di hadiri oleh walikota yang diwakili oleh Sekda Kota Kediri, Drs. Budi Sunu. Dalam pembukaannya, sesuai tema ”Umat Beriman Membangun Keadaban Ekologis” dalam rangka menyambut hari Bumi tersebut, Ketua Paroki Santo Yoseph menyampaikan bahwa sebagai orang beriman sepatutnya sadar bahwa diberi kehidupan di bumi ini juga berkewajiban untuk merawatnya, kemudian mengajak kepada masyarakat agar cinta lingkungan.

Forum silaturrahim ini digelar rutin setiap bulan dengan tuan rumah saling bergantian. KH. Sunarto selaku ketua Ponpes Walibarokah pada waktu silaturahim di Ponpes Walibarokah menegaskan agar menjaga komitmen menjaga kerukunan dan kekompakan.
“Semoga silaturrahim ini bermanfaat, barokah dan senantiasa meneguhkan komitmen sebagai masyarakat yang rukun dan kompak,” ujar Sunarto.

“Forum ini andil dalam pembangunan dan keamanan di Kota Kediri, forum ini akan terus berjalan untuk menjalin kebersamaan dan kerukunan untuk Kota Kediri,” tambah Lilik Muhibbah, Wakil Walikota Kediri.

”Ketika saya melihat forum ini, saya seperti melihat miniaturnya Indonesia. Bagaimana tidak, seluruh umat beragama bersatu dalam forum ini, yang hanya ada di Kota Kediri,” kata Sekda Kediri, Budi Sunu pada saat memberikan sambutan di Santo Yoseph.

Usman Arif, Ketua DPD LDII Kota Kediri yang juga tergabung dalam PAUB-PK berharap agar forum ini agar terus dilestarikan, karena selain sebagai pemersatu kerukunan umat beragama, juga sebagai media komunikasi antar pejabat dan unsur keagamaan agar kondisi Kota Kediri senantiasa kondusif.

Check Also

LDII Kediri Adakan Kerjasama Dengan Kemenag

Kerjasama LDII Kediri Bersama Kemenag Kabupaten Kediri, (02/18). DPD LDII Kabupaten Kediri bekerjasama dengan KEMENAG …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *