Breaking News
Home / Kesehatan / Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah

Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah

Waspadalah !!! Ancaman Penyakit Difteri Yang Sedang Mewabah

Kediri, (12/17). Penyebab terkena difteri karena terinfeksi kuman bakteri difteri. Salah satu penyebab mudahnya terkena Difteri karena belum atau  tidaknya  mendapatkan vaksin difteri, yang biasa diberikan dalam bentuk imunisasi DPT. Dengan vaksin tersebut diharapkan akan terbentuk sistem kekebalan terhadap kuman bakteri difteri itu sendiri . Difteri menyebar melalui percikan ludah penderita, sentuhan pada ulkus (luka borok) pada kulit akibat difteri. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Muhammad Subuh, difteri terparah berada di jawa timur.

“Dari 95 kabupaten-kota melaporkan kasus difteri, yang terparah Jawa Timur, kedua Jabodetabek, dan Tangerang Banten,” ujar Subuh saat memberikan keterangan di Palembang.

Bagi warga yang berada di lingkungan ang kurang bisa menjaga kebersihan serta padat penduduk perlu berhati-hati dengan Difteri yang mudah menyebar.

Imunisasi-Difteri
Imunisasi Difteri

Bakteri difteri menghasilkan racun yang dapat membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan, sehingga menjadi sel mati. Sel yang sudah mati akan membentuk membran (lapisan tipis) abu-abu pada tenggorokan. Selain itu, racun yang dihasilkan juga dapat menyebar dalam aliran darah dan merusak jantung, ginjal, serta sistem saraf.

Bahkan, pola serangan Difteri tidak dapat diketahui oleh penderita, jika penderita tidak segera mendapatkan penanganan maka akan mudah menyebar pada orang lain, terutama mereka yang belum mendapatkan imunisasi.

Adapun gejala orang yang terkena difteri adalah :

  • Adanya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel.
  • Demam dan menggigil.
  • Sakit tenggorokan dan suara serak.
  • Sulit bernapas atau napas yang cepat.
  • Pembengkakan kelenjar limfe pada leher.
  • Lemas dan lelah.
  • Pilek/Flu. (berawal cair kemudian kental bahkan bercampur darah).
  • Luka seperti borok (ulkus).

Orang yang terkena difteri harus mendapatkan pengobatan dari rumah sakit serta perawatan di ruang isolasi rumah sakit. Biasanya dokter akan langsung memulai pengobatan walaupun hasil laboratorium belum keluar. Dokter akan memberikan antibioitk dan antitoksin, manfaat antibiotik bagi penderita difteri untuk membunuh bakteri dan menyebuhkan infeksi luka akibat difteri. Adapun dosis yang diberikan sesuai dengan tingkatan difteri dikonsumsi selama dua hari di ruang isolasi, setelah keluar ruang isolasi tetap harus mengkonsumsi antibiotik selama dua minggu. Jika setelah pemeriksaan difteri masih ada maka dokter biasanya memberikan antibiotik untuk dikonsumsi selama 10 hari.

Adapun antitoksin sebagai penetralisir racun yang disebabkan difteri, adapun dosis yang diberikan disesuaikan dengan kadar kekebalan tubuh, bagi pasien yang alergi dengan antitoksin maka dokter akan memberikan dosis yang lebih rendah.

“Ini sesuatu yang luar biasa karena pada kasus difteri 2017 tidak ada batasan umur. Umur yang termuda itu 3,5 tahun dan yang tertua adalah 45 tahun,” kata Subuh di komplek gedung Ditjen P2P Kemenkes, Jakarta.

Agus Sukisno, Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri yang juga dokter aktif di RSUD Pare – Kediri menganjurkan terkait KLB di tempat lain. Sebagai pencegahan penerapan etika batuk etika bersin  menutup hidung dengan menekuk siku tangan ketika batuk atau bersin ,jaga kebersihan pribadi dan hand hygiene ,cuci tangan dan sebagainya.

“Olah raga dan cukup istirahat dan makan minum teratur akan membantu menjaga kesehatan tubuh dari serangan difteri yang bisa datang sewaktu-waktu,” kata Agus Sukisno, Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri dan dokter aktif RSUD Pare – Kediri.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id

Incoming search terms:

  • penyakit penyakit yang sedang mewabah

Check Also

Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang

Apa Manfaat Kulit Udang LDII Kediri, (25/05). Udang sebagai keluarga seafood sudah tidak diragukan lagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *