Breaking News
Home / Sosial / Yang Penting Otak Anda Tidak Lumpuh
Otak-lumpuh

Yang Penting Otak Anda Tidak Lumpuh

Yang Penting Otak Anda Tidak Lumpuh

Yang sering disebut-sebut sebagai manusia genius itu Albert Einstein, adalah tokoh fisikawan paling terkenal sepanjang masa. Teori relativitas yang diungkapkannya telah mengubah cara kita memandang dunia dan membuka pintu untuk sebuah teori baru dalam ilmu fisika. Albert Einsten sipenemu .

Otak-lumpuh

Orang percaya bahwa teorinya itu ditemukan karena kecerdasannya, lalu bagaimana jawaban Einsten. “Imanijasi lebih penting daripada pengetahuan. Untuk pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi meliputi seluruh dunia, merangsang kemajuan dan melahirkan evolusi. Saya tidak punya bakat khusus. Saya hanya memiliki gairah dan penasaran. Nasib tertinggi setiap individu adalah melayani bukan untuk memerintah”.

Tokoh fisika yang lain yang genius adalah Stephen Hawking sipenemu Black Hol (lubang hitam). Hawking selalu tertarik pada ilmu pengetahuan. Ia terinspirasi dari guru matematikanya yang bernama Dikran Tahta untuk mempelajari matematika di universitas. Ayahnya ingin agar Hawking masuk ke University College, Oxford, tempat ayahnya dulu bersekolah. Hawking lalu mempelajari ilmu pengetahuan alam. Ia mendapat beasiswa, dan lalu berspesialisasi dalam fisika. Setelah menerima gelar B.A. di Oxford pada 1962, ia tetap tinggal untuk mempelajari astronomi.

Ia memilih pergi ketika mengetahui bahwa mempelajari bintik matahari tidak sesuai untuknya dan Hawking lebih tertarik pada teori daripada observasi. Hawking lalu masuk ke Trinity Hall, Cambridge. Ia mempelajari astronomi teoretis dan kosmologi. Segera setelah tiba di Cambridge, gejala sklerosis lateral amiotrofik (ALS) yang akan membuatnya kehilangan hampir seluruh kendali neuromuskularnya mulai muncul. Pada tahun 1974, ia tidak mampu makan atau bangun tidur sendiri.

Suaranya menjadi tidak jelas sehingga hanya dapat dimengerti oleh orang yang mengenalnya dengan baik. Pada tahun 1985, ia terkena penyakit pneumonia dan harus dilakukan trakeostomi sehingga ia tidak dapat berbicara sama sekali. Seorang ilmuwan Cambridge membuat alat yang memperbolehkan Hawking menulis apa yang ingin ia katakan pada sebuah komputer, lalu akan dilafalkan melalui sebuah voice synthesizer’. (Wiki Pedia)
Ketika ditanyakan mengenai IQnya pada tahun 2004, Hawking menjawab, “Saya tidak tahu. Orang yang membanggakan IQnya adalah seorang pecundang.” “Selalu ingat untuk memandang tinggi ke bintang, bukan melihat ke bawah. Coba untuk mencerna apa yang kamu lihat dan tentang apa yang membuat semesta ada. Selalu penasaran. Dan betapapun sulit kehidupan, selalu ada sesuatu yang bisa dilakukan dan sukses,” paparnya. Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Tentang kelumpuhan fisiknya Hawking menjawab, “ yang penting tidak lumpuh otaknya “

Jika Anda masih punya otak yang sehat, jiwa yang sehat, kemungkinan Anda untuk sukses dan bahagia dekat dengan Anda. “ Ketika harapan seseorang dikurangi hingga titik nol, dia akan sungguh-sungguh mengapresiasi semua yang dia miliki saat ini”. -Stephen Hawking-. Ini adalah analisis keadaan ia sendiri, yang hanya mampu berkomunikasi lewat gerakan kerdit matanya, maka otaknya maksimal dan ia mengapresiasinya/mensykurinya.

Dalam Al-Quran maupun hadist jarang secara ekplisit menuliskan tentang organ otak, namun salah satu fungsi otak yaitu berpikir cukup banyak tercantum yang secara implisit termasuk fungsi otak yang sehat di dalamnya yaitu berpikir mempertimbangkan. Fungsi intelektual, fungsi emosional dan mengendalian diri yang wajar dan adaptif.

Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: “Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?” Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?” (QS. Al-‘An`am [6] : 50)
“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagimereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Q.S. Fushshilat : 53).

Otak adalah perlengkapan yang Alloh berikan untuk manusia, bukan sesuatu yang harus dibanggakan atau sandaran hidup manusia, semuanya yang terjadi tentu atas seizing Alloh. Jika salah mensikapi manusia cenderung lupa jika sudah sukses ia ingin menonjolkan bahwa itu adalah kreativitasnya alias kecerdasan otaknya, lha jadi sombong. Sekali lagi otak adalah karunia yang harus disyukuri.

Check Also

Mengendalikan Masa Remaja Tanpa Mengekang

Mengendalikan Masa Remaja Tanpa Mengekang LDII memberikan perhatian serius terhadap dunia remaja dengan mengadakan seminar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *